Alasan Lihat Mantan Pasangan Move On Bisa Menyakitkan

    Raka Lestari - 30 Oktober 2019 13:48 WIB
    Alasan Lihat Mantan Pasangan <i>Move</i> <i>On</i> Bisa Menyakitkan
    Anda merasa sedih melihat mantan kekasih sudah move on? Ini alasannya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Setelah putus dengan pasangan, Anda pasti akan mengalami proses move on, kemudian melupakan mantan pasangan dan melepaskan semua perasaan yang ada. Meskipun memang untuk mencapai hal itu membutuhkan waktu, yang bagi sebagian orang mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama.

    Dan sekalipun Anda sudah bisa melupakan mantan pasangan, kemungkinan Anda tetap merasa sedih ketika mantan pasangan sudah memiliki pasangan baru.

    Menurut para ahli, ada beberapa alasan mengapa melihat mantan pasangan bersama orang lain bisa menjadi sangat menyakitkan:

    Pertama: Dia adalah cinta pertama Anda

    Cinta pertama mungkin bukan menjadi pasangan Anda selamanya, tapi cukup sulit untuk melupakannya. April Davis, seorang matchmaker profesional mengatakan bahwa beberapa orang merasa perlu menjaga cinta pertama mereka sekalipun hubungan tersebut sudah berakhir.

    “Sehingga ketika Anda melihat mereka dengan orang baru, sekalipun Anda tidak ingin kembali, Anda merasa bahwa orang baru tersebut tidak cocok dengan mantan Anda.”

    Alasan Lihat Mantan Pasangan <i>Move</i> <i>On</i> Bisa Menyakitkan
    (Setelah putus dengan pasangan, Anda pasti akan mengalami proses move on, kemudian melupakan mantan pasangan dan melepaskan semua perasaan yang ada. Meskipun memang untuk mencapai hal itu membutuhkan waktu. Foto: Nugroho Wahyu/Pexels.com)

    Kedua: Ego yang Anda miliki

    Pada beberapa kasus, rasa sakit yang Anda rasakan mungkin mungkin tidak ada hubungannya dengan perasaan Anda terhadap mantan pasangan.

    “Beberapa orang suka memiliki perasaan terhadap seseorang, sekalipun perasaan tersebut tidak terbalas. Dan dengan melihat pasangan dengan orang lain, bisa merusak ilusi yang Anda buat tersebut,” ujar Davis.

    Ketiga: Membuat Anda merasa gagal

    Ketika Anda menginvestasikan banyak waktu dan energi untuk mencoba membuat hubungan berjalan dengan baik dan ketika hubungan tersebut gagal, maka Anda akan merasa gagal total.

    Menurut Dr Caroline Madden, PhD, ahli terapi pernikahan dan keluarga berlisensi, melihat mantan Anda bahagia dengan orang lain bisa menjadi pengingat akan kegagalan itu.

    “Ingatlah bahwa semua hubungan pasti akan menyenangkan di awal. Namun lama-kelamaan, mantan Anda akan melewati permasalahan yang dulu juga Anda alami dengan mantan pasangan.”

    Keempat: Anda belum sembuh dari patah hati sepenuhnya

    Sekalipun Anda sudah merasa bisa melupakan mantan pasangan, Anda mungkin masih membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar sembuh dari patah hati.

    “Bukan karena Anda sudah bisa melupakan mantan pasangan, tidak berarti penyesalan atau rasa sedih yang Anda rasakan benar-benar sudah hilang,” ujar  Laurie Berzack, MSW, seorang dating coach.

    Meluangkan waktu untuk menghilangkan perasaan negatif terhadap mantan Anda dan hubungan masa lalu Anda dapat membantu untuk benar-benar melupakan mantan pasangan.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id