Manfaat Minyak Pohon Teh

    Kumara Anggita - 10 September 2019 16:09 WIB
    Manfaat Minyak Pohon Teh
    Ilustrasi--Pexels
    Jakarta: Bila Anda ingin merawat kulit dengan bahan alami, maka Anda bisa mencoba minyak pohon teh. Minyak yang satu ini banyak memberi manfaat seperti menenangkan dan menyembuhkan berbagai masalah kulit.

    Untuk mengatahui manfaatnya secara spesifik lagi, simak penjelasannya yang dilansir dari Healthline.

    Kulit kering dan eksim

    Minyak pohon teh dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi rasa gatal dan iritasi. Bahkan, minyak ini telah terbukti lebih efektif daripada krim oksida seng dan klobetason butirat dalam mengobati eksim.

    Anda bisa menyampurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam sedikit pelembab atau minyak pembawa. Oleskan campuran ini ke area yang dituju ssetelah mandi. Lakukan secara rutin setidaknya sekali  setiap hari.

    Kulit berminyak

    Sifat antiseptik minyak pohon teh dapat berkontribusi pada kemampuannya untuk memerangi kulit berminyak. Sebuah studi pada 2016 menemukan bahwa peserta yang menggunakan tabir surya yang mengandung minyak pohon teh selama 30 hari menunjukkan mengurangi minyak berlebih.

    Anda hanya perlu Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke toner, pelembab, atau tabir surya Anda.

    Kulit yang gatal

    Sifat anti-inflamasi dari minyak pohon teh membuatnya berguna dalam menghilangkan 5asa gatal. Ini menenangkan kulit dan juga dapat membantu menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal.

    Sebuah pada 2012 menemukan bahwa minyak pohon teh efektif dalam mengurangi kelopak mata yang gatal. Salep yang mengandung minyak pohon teh 5 persen dipijat ke kelopak mata peserta. Enam belas dari 24 peserta tak merasa gatal lagi. Delapan orang lainnya menunjukkan beberapa peningkatan.

    Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam pelembab atau minyak pembawa dan oleskan ke kulit Anda beberapa kali sehari.

    Peradangan

    Efek anti-inflamasi minyak pohon teh membantu menenangkan dan meringankan kulit yang sakit dan teriritasi. Ini juga dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

    Penelitian menunjukan bahwa minyak pohon mengurangi kulit yang meradang karena sensitivitas kulit terhadap nikel. Penelitian ini menggunakan minyak pohon teh murni pada kulit tetapi biasanya disarankan agar Anda mengencerkan minyak pohon teh dengan minyak lainnya sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit Anda.

    Anda tinggal tambahkan 1 tetes minyak pohon teh ke minyak pembawa atau pelembab dan oleskan ke daerah yang terkena beberapa kali sehari.

    Infeksi, luka, dan penyembuhan luka

    Sifat antibakteri dari minyak pohon teh membuatnya menjadi penyembuh luka yang efektif. Menurut sebuah studi pada 2013, minyak pohon teh membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh bakteri. Sembilan dari 10 orang yang menggunakan minyak pohon teh di samping perawatan konvensional menunjukkan sembuh lebih cepat dibandingkan dengan perawatan konvensional saja.

    Cara menggunakanya hanya dengan menambahkan 1 tetes minyak pohon teh dengan krim salep luka dan oleskan sesuai petunjuk sepanjang hari.

    Jerawat

    Minyak pohon teh adalah pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifatnya anti-inflamasi dan antimikroba. Minyak ini bisa menenangkan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan. Bahkan dapat membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, membuat Anda memiliki kulit yang halus dan bersih.

    Gunakan sebagai toner sepanjang hari. Anda dapat menggunakan pembersih wajah, pelembab, dan perawatan wajah yang mengandung minyak pohon teh juga.

    Ternyata begitu banyak manfaat yang diberikan minyak pohon teh. Anda bisa langsung mencobanya di rumah, namun sebelumnya tes alergi terlebih dahulu.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id