4 Manfaat Kesehatan dari Buah Tin

    Raka Lestari - 03 Januari 2020 18:00 WIB
    4 Manfaat Kesehatan dari Buah Tin
    buah tin (Foto: Treehugger)
    Jakarta: Buah tin atau fig merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Biasanya jenis buah ini matang pada Agustus hingga Oktober.

    Buah tin yang matang memiliki rasa seperti perpaduan antara madu dengan buah beri. Teksturnya mirip selai.

    Selain lezat, buah ini sangat bernutrisi. Berikut ini adalah kandungan buah tin yang baik untuk kesehatan:

    -Kaya akan serat

    Satu buah tin yang masih mentah mengandung sekitar 2 gram serat, dan biasanya satu porsi mengandung 2-3 buah tin. Itu berarti jika Anda ingin memakan satu porsi buah tin bakal memiliki kandungan 4-6 gram serat.

    Seperempat dari jumlah yang disarankan oleh Food and Drug Administration (FDA). Serat dapat membantu kesehatan pencernaan, membuat BAB lebih teratur, dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kolesterol turun, karena serat mengikat kolesterol sambil membuangnya dari tubuh Anda.

    -Sumber potassium

    Potassium atau kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan mengelola tekanan darah. Selain buah tin, Anda bisa mendapatkan potassium dari pisang dan kentang. Satu buah tin besar mengandung sekitar 149 mg potasium, dan satu porsi buah memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan harian potassium Anda.

    -Sumber vitamin A

    Satu porsi buah tin dapat memenuhi sekitar 9 – 12 persen kebutuhan harian Anda akan vitamin A. Vitamin A sendiri berguna untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan organ lainnya.

    Namun buah tin akan kehilangan sebagian besar vitamin A jika dikeringkan. Sehingga usahakan memilih buah tin yang masih segar jika Anda ingin mendapatkan manfaat vitamin A.

    -Kaya akan magnesium

    Buah tin merupakan sumber magnesium yang baik, dan kandungan magnesium dalam buah tin akan tetap bertahan meskipun buah tin dikeringkan. Satu porsi buah tin mengandung sekitar 8 – 10 persen kebutuhan harian Anda akan magnesium.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id