Tanaman Hias Bisa Kurangi Stres di Tempat Kerja

    Timi Trieska Dara - 23 Februari 2020 10:47 WIB
    Tanaman Hias Bisa Kurangi Stres di Tempat Kerja
    Penelitian baru dari Jepang menemukan bahwa meski hanya sebuah tanaman kecil di atas meja Anda dapat mengurangi stres. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Hutan luas hingga beberapa tanaman hias membuat kita merasa lebih santai, fokus, dan tenang. Banyak penelitian menunjukkan bagaimana menghabiskan waktu di alam dan berkebun baik untuk kesehatan mental kita, tetapi dapatkan tanaman membantu mengurangi stres di tempat kerja?

    Sebuah penelitian baru dari Jepang, yang diterbitkan dalam jurnal HortTechnology, menemukan bahwa meski hanya sebuah tanaman kecil di atas meja Anda dapat membuat keajaiban.

    Budaya tempat kerja Jepang terkenal membuat stres; karyawan kantor di sana mendapatkan jumlah tidur paling sedikit dari pekerja negara maju yang sama, dan bahkan ada istilah untuk bekerja sendiri sampai mati. (Ini "karoshi.") Hal ini tampaknya membuat Jepang tempat yang cukup baik untuk menguji apakah sebuah tanaman di kantor dapat secara terukur mengurangi tekanan.

    Penelitian ini diikuti 63 pekerja kantor non-manajerial Jepang di sebuah perusahaan listrik selama lima pekan. Untuk pekan pertama (lima hari kerja), mereka disuruh istirahat 3 menit dari tugas kantor 2 kali selama hari kerja. 

    Kemudian, mereka masing-masing diberi tanaman pilihan mereka untuk ditempatkan di dekat monitor komputer mereka dan diminta untuk "menatap dengan sengaja" selama istirahat 2 kali sehari selama 4 pekan ke depan. Mereka juga diajari cara merawat tanaman itu, dan dibiarkan menyirami tanaman mereka selama istirahat jika diinginkan.

    Tanaman Hias Bisa Kurangi Stres di Tempat Kerja
    (Penelitian baru dari Jepang, yang diterbitkan dalam jurnal HortTechnology menemukan bahwa meski hanya sebuah tanaman kecil di atas meja Anda dapat mengurangi stres. Foto: Pexels.com)

    Semua pekerja mengenakan monitor detak jantung dan diberi tes kecemasan standar, yang dikenal sebagai Inventarisasi Kecemasan State-Trait, yang mengajukan banyak pertanyaan untuk mengetahui seberapa cemasnya seseorang. Tingkat kecemasan menurut tes ini, dipasangkan dengan detak jantung, adalah bagaimana penelitian ini mengukur seberapa besar stres yang dirasakan para pekerja.

    Tanaman pasti memiliki efek positif! Selama periode kontrol satu pekan, hanya 3 orang, atau sekitar 5 persen dari kelompok, menunjukkan penurunan denyut jantung secara signifikan setelah hanya mengambil istirahat 3 menit mereka (kebanyakan tidak menunjukkan perubahan dalam denyut jantung). 

    Sebagai perbandingan, 17 orang, atau 27 persen dari kelompok, memiliki detak jantung yang lebih rendah setelah melihat tanaman meja mereka. Adapun tes kecemasan itu, para peneliti menulis: "Hasil ini menunjukkan bahwa menempatkan tanaman kecil yang dipilih oleh peserta dalam jarak dekat dari mereka berkontribusi pada pengurangan stres psikologis mereka tanpa memandang usia atau pilihan tanaman."

    Para pekerja diberi berbagai macam tanaman untuk dipilih, termasuk pohon bonsai, kaktus kecil, philodendron, dracaenas, dan sukulen. Semua tampaknya memiliki efek yang sama, menunjukkan bahwa itu bukan seperti apa tanaman itu, tetapi lebih dari itu ada di sana sama sekali. 

    Selain mengalami kelegaan sementara dari stres terkait pekerjaan, banyak pekerja melaporkan manfaat lain seperti menjaga meja mereka lebih bebas dari kekacauan untuk memberi ruang bagi pot, dan merasa lebih terikat dengan rekan kerja karena minat mereka yang sama pada tanaman .

    Jadi, silakan dan temukan tempat di ruang kerja Anda di mana Anda bisa memarkir teman pot baru. Kemudian, ingat untuk istirahat otak sesekali dan istirahatkan mata Anda pada keindahan daunnya selama beberapa menit.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id