Terapi Musik untuk Menyehatkan Mental

    Kumara Anggita - 31 Juli 2020 16:48 WIB
    Terapi Musik untuk Menyehatkan Mental
    Genta Tibet sebagai salah satu instrumen yang bisa membuat tubuh Anda rileks saat mendengarkannya. (Foto: Dok. Magic Bowls/Unsplash.com)
    Jakarta: Apakah Anda sedang stres, cemas, atau paranoia (berpikir aneh-aneh yang bersifat khayalan) akhir-akhir ini? Bila iya, mungkin Anda bisa mencoba terapi musik. 

    Sesuai dengan namanya, terapi musik menggunakan suara untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik dan emosional. Dikutip dari Healthline, terapi ini akan dipandu oleh seorang praktisi yang terlatih.

    Terapi musik tentunya akan membuat Anda bersentuhan langsung dengan musik seperti:
    - Mendengarkan musik
    - Bernyanyi bersama dengan musik
    - Pindah ke irama musik
    - Bermeditasi
    - Memainkan alat musik

    Manfaat musik

    Penyembuhan dengan memanfaatkan suara diyakini berasal dari Yunani kuno. Waktu itu orang menggunakan musik untuk menyembuhkan gangguan mental.

    Tak hanya itu, sepanjang sejarah musik juga telah digunakan untuk meningkatkan moral pasukan militer, membantu orang bekerja lebih cepat dan lebih produktif, dan bahkan menangkal roh jahat dengan melantunkan mantra.

    Baru-baru ini, penelitian juga telah mengaitkan musik dengan sejumlah manfaat kesehatan. Mulai meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan tingkat stres hingga meningkatkan kesehatan bayi prematur.

    Cara kerja terapi musik

    Cara kerja terapi musik tergantung pada metode yang digunakan. Sebagian besar sesi terapi musik dilakukan khusus. Hanya ada orang yang diterapi dan praktisi yang sudah terlatih.

    Sesi mungkin membuat orang yang diterapi harus duduk atau berbaring sambil mendengarkan musik atau suara dari speaker atau instrumen. Tak hanya itu mereka juga bisa diminta untuk diam atau berpartisipasi dengan menyanyi, bergerak, atau bahkan memainkan alat musik.

    Instrumen penyembuhan 

    Suara yang digunakan beragam. Apa pun bisa membuat Anda merasa rileks. Beberapa instrumen yang digunakan dalam terapi musik antara lain: 

    - Bowls sing (genta Tibet)
    - Garpu tala
    - Pan flute
    - Harpa
    - Drum

    Beberapa metode menggunakan berbagai instrumen dalam satu sesi, yang dapat mencakup gitar, piano, atau instrumen lainnya. Bila Anda tertarik untuk menyingkirkan rasa tak nyaman Anda, mungkin Anda bisa mencoba terapi musik dari sekarang.


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id