Manfaat Asam Oleat untuk Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Raka Lestari - 13 Januari 2019 10:30 wib
Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi
Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya. (Foto Ilustrasi: Giulia Bertelli/unsplash.com)

Jakarta: Anda mungkin tahu bahwa diet adalah bagian penting dari kesehatan jantung. Menambahkan makanan sehat yang mengandung serat dan sarat dengan antioksidan dapat membuat keajaiban bagi sistem kardiovaskular Anda.

Saat ini ada bahan makanan lain yang mungkin bahkan lebih baik untuk jantung Anda, yaitu  asam oleat atau oleic acid. Para ahli menyadari bahwa sebenarnya asam oleat dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga setengahnya.

Sebuah studi lima tahun yang diterbitkan dalam jurnal BMC menemukan bahwa, seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun dan extra-virgin olive oil secara rutin ternyata dapat memangkas risiko mereka terkena kardiovaskular sebesar 48 persen. Jadi apa itu asam oleat dan mengapa begitu efektif?

"Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Ini dapat ditemukan secara alami dalam daging, keju, kacang-kacangan, alpukat, dan minyak nabati seperti minyak zaitun," ujar Luke Laffin, MD, ahli jantung preventif di Klinik Cleveland.

Selain itu, asam oleat juga memiliki manfaat lain berkaitan dengan kesehatan jantung Anda. Asam oleat mengurangi kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah, kadar trigliserida, dan tekanan darah. Termasuk meningkatkan sensitivitas insulin

"Dengan demikian, asam oleat mengatasi tiga faktor risiko utama untuk pengembangan penyakit kardiovaskular yaitu hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia, " kata Dr. Laffin.
 
"Konsumsi harian sekitar 1,5 sendok makan (20 gram) minyak yang mengandung asam oleat tingkat tinggi, menggantikan lemak dan minyak yang lebih tinggi lemak jenuh, dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit jantung," sambungnya.

Meskipun asam oleat dapat ditemukan dalam berbagai makanan, Dr. Laffin menyarankan untuk memilih sumber nabati. "Sumber lemak tak jenuh tunggal dari tanaman diantaranya minyak zaitun, minyak kanola, kacang pohon, dan alpukat, " tutup Dr. Laffin. 

Tren Olahraga Yoga



(FIR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.