jerawat  

Bahan-bahan yang Bisa Diolah jadi Obat Jerawat

Anggi Tondi Martaon - 10 Januari 2019 16:33 wib
Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan
Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat. (Foto Ilustrasi: Ayo Ogunsein/Unsplash.com)

Jakarta: Jerawat menjadi masalah gangguan kulit yang sangat ditakuti kaum milenial karena bisa merusak penampilan. Bahkan, banyak orang membeli produk pencegah atau penghilang saat jerawat timbul.

Daripada harus mengeluarkan uang, alangkah baiknya Anda membuat produk penghilang jerawat alami. Bahannya tentu mudah didapatkan. Dikutip dari www.askdrmanny.com, berikut bahan yang bisa diolah menjadi obat jerawat, yaitu:

1. Backing Soda
Backing soda merupakan salah satu bahan membuat kue. Agar backing soda bisa berubah fungsi menjadi obat jerawat cukup dicampur dengan air dan diaduk hingga berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan ke jerawat atau bekas jerawat dan biarkan selama 15 menit.

Namun, disarankan agar menggunakan pelembap setelah menerapkan perawatan ini. Sebab, bisa menyebabkan kekeringan karena efektif menghilangkan minyak dari kulit.

2. Aspirin
Mungkin kita mengerutkan kening saat pertama kali mengetahui bahwa aspirin bisa menjadi obat jerawat. Sebab, mayoritas orang mengetahui jika salah satu produk medis ini sering digunakan menghilangkan nyeri.

Percaya atau tidak, aspirin bisa diterapkan untuk menghilangkan jerawat. Tidak hanya itu, oba-obatan ini juga membantu menyembuhkan kemerahan yang timbul saat berjerawat.

Caranya, hancurkan beberapa tablet hingga terkumpul sebanyak dua sendok makan. Setelah air, bubuk aspirin dicampurkan dengan air lalu oleskan ke wajah Anda selama 10 menit. 

Anda dapat menggunakan perawatan ini di seluruh atau langsung pada jerawat. Selain itu, Anda bisa mencampur dengan beberapa sendok madu.

3. Madu

Madu bisa diandalkan untuk melawan bakteri di wajah Anda sekaligus membuat kulit lebih lembut dan lembap. Namun, sangat disarankan agar menggunakan madu mentah. 

Sebelum melakukan perawatan dengan menggunakan madu, bersihkan wajah Anda dengan lembut. Kemudian, oleskan madu ke seluruh wajah selama sekitar 15 atau 20 menit. Diingatkan juga membilas secara hati-hati untuk menghindari kotoran yang menempel pada wajah.

4. Lemon
Air perasan lemon tidak hanya segar, tapi bisa membantu mengatasi jerawat. Caranya, air perasan lemon dioleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 10 menit. Kekuatan lemon yang bersih akan membantu mengatasi jerawat Anda.

Namun, bagi yang memiliki kulit gelap tidak disarankan menggunakan metode ini. Sebab, dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada bekas jerawat karena lemon memengaruhi sel-sel penghasil melanin .

Selain itu, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif melakukan percobaan terlebih dahulu. Jika kulit menjadi kemerahan atau terbakar, Anda bisa mencampur jus lemon dengan madu atau lidah buaya untuk mengimbangi keasaman.

5. Lidah Buaya
Selain mengobati luka bakar atau sinar matahari, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Karena, lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasinya.

Oleskan satu sendok makan gel lidah buaya murni pada wajah Anda sebanyak dua kali sehari. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon untuk pembersihan ekstra. 

Rahasia Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat dan Awet Muda (2)



(FIR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.