Ini Gaya Hidup yang Bikin Anda Memiliki Kolesterol Tinggi

    Raka Lestari - 02 April 2019 15:00 WIB
    Ini Gaya Hidup yang Bikin Anda Memiliki Kolesterol Tinggi
    Selain faktor genetik, terkadang gaya hidup yang Anda jalani juga memunculkan potensi kolesterol tinggi (Foto Ilustrasi: Adrienn/Pexels)
    Jakarta: Faktor keturunan atau genetik memiliki peran besar dalam risiko penyakit. Termasuk kolesterol tinggi.

    Jika ibu atau ayah Anda memiliki kolesterol tinggi, maka kemungkinan Anda juga akan memiliki risiko lebih besar mengalami kolestrol tinggi.

    Meski begitu, faktor keturunan bukan satu-satunya yang membuat Anda memiliki kolesterol tinggi. Ada faktor lain seperti gaya hidup.

    Padahal sebenarnya, mayoritas penyebab kolestrol tinggi dapat dihindari dengan melakukan berbagai perubahan dalam pola hidup Anda sehari-hari.

    Dilansir dari Health, berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam gaya hidup seseorang yang dapat membuat Anda memiliki kolestrol tinggi:

    -Pola makan yang buruk

    Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh. Seperti yang ditemukan dalam daging, mentega dan susu meningkatkan risiko Anda memiliki kolesterol tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak lemak trans dalam makanan yang dipanggang dalam kemasan juga akan meningkatkan risiko Anda. Untuk itu sebaiknya Anda perlu cermat memeriksa label makanan untuk menghindari konsumsi secara berlebihan.

    -Obesitas

    Obesitas seringkali dikaitkan dengan body mass index atau indeks massa tubuh (BMI) yang jauh dari ukuran ideal. Memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih besar dari 30 berarti Anda cenderung memiliki kadar kolestrol baik (HDL) yang lebih rendah dan kadar kolestrol jahat (LDL) yang lebih tinggi.

    -Kurang olahraga

    Semakin banyak Anda bergerak atau berolahraga, semakin kecil kemungkinan Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Tetapi bukan hanya itu satu-satunya cara olahraga memengaruhi kolestrol Anda. Berolahraga juga meningkatkan kadar kolesterol HDL Anda sambil meningkatkan ukuran partikel LDL, sehingga tidak terlalu membuatnya berbahaya.

    -Kebiasaan merokok

    Segera hilangkan kebiasaan merokok Anda karena merokok adalah salah satu penyebab utama kematian yang sebenarnya bisa dicegah. Merokok adalah salah satu penyebab utama dari kematian akibat kanker paru-paru.

    Merokok juga dapat menyebabkan berbagai jenis kanker lainnya pada tubuh. Dan, itu bukanlah satu-satunya dampak negatif dari merokok. Sebab merokokk juga dapat menurunkan kadar kolestrol baik (HDL) Anda dan dapat merusak dinding pembuluh darah Anda.

    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id