Gejala Infeksi Bakteri Listeria Akibat Jamur Enoki

    Raka Lestari - 25 Juni 2020 16:35 WIB
    Gejala Infeksi Bakteri Listeria Akibat Jamur Enoki
    US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan adanya wabah akibat bakteri listeria yang berkaitan dengan jamur enoki. (Foto: Dok. CDC)
    Jakarta: US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menemukan adanya wabah akibat bakteri listeria yang berkaitan dengan jamur enoki. Wabah tersebut menyebabkan 4 kematian dan 31 pasien harus mendapatkan rawat inap. 
    Hal ini tentu harus menjadi perhatian mengingat jamur enoki merupakan salah satu jenis jamur yang cukup mudah ditemui di Indonesia.

    Beberapa gejala infeksi listeria, menurut CDC di antaranya adalah:

    1. Listeriosis dapat menyebabkan gejala yang berbeda-beda tergantung individu
    Pada wanita hamil biasanya akan menyebabkan demam dan gejala lain yang mirip seperti flu seperti kelelahan dan otot yang lemas. 

    2. Meskipun begitu, infeksi selama kehamilan dalam keterangan CDC bisa menyebabkan keguguran, bayi meninggal pada saat dilahirkan, kelahiran bayi prematur, atau infeksi yang membahayakan bayi baru lahir. 

    3. Sedangkan pada individu lainnya gejala yang ditimbulkan di antaranya adalah sakit kepala, leher kaku, pusing, hilang keseimbangan, dan kejang ditambah dengan demam dan lemas otot.

    4. Gejala dari infeksi listeriosis biasanya akan mulai pada satu sampai empai minggu setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri Listeria. 

    5. Beberapa orang juga dilaporkan mengalami gejala pada 70 hari setelah paparan atau bisa juga terjadi pada saat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

    6. Untuk mencegah adanya kontaminasi, CDC menyarankan untuk mencuci dan membersihkan wadah yang mungkin terkena kontak dengan jamur enoki yang terkontaminasi tersebut. 

    7. Listeria dapat bertahan pada suhu kulkas dan dapat dengan mudah menyebar pada permukaan makanan lainnya. Untuk membersihkan wadah yang terkontaminasi, gunakan satu sendok makan cairan disinfektan dengan satu liter air. Lakukan hal ini setelah membersihkan wadah dengan air hangat dan sabun.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id