Apa Penyebab Terjadinya Selulit?

    Raka Lestari - 31 Juli 2020 09:00 WIB
    Apa Penyebab Terjadinya Selulit?
    Apa yang menyebabkan seseorang terkena selulit? Berikut paparan ahli. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Banyak wanita yang menganggap bahwa selulit adalah ketidaksempurnaan pada tubuh. Padahal sebenarnya, selulit merupakan hal yang normal dan itu merupakan sesuatu yang sebenarnya tidak perlu ditakutkan.

    Selulit bukanlah lemak. Selulit mengacu pada penampilan kulit yang mengerut ketika jaringan lemak menekan melalui sekumpulan fibrosa yang disebut septae yang menghubungkan kulit dengan otot. 

    “Kumpulan fibrosa tersebut mengikat kulit ke bawah dan itulah yang menyebabkan cekungan yang menyebabkan selulit,” jelas Deanne Mraz Robinson, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Yale University.

    “Hilangnya ketebalan kulit seiring dengan bertambahnya usia, dapat berkontribusi dalam munculnya selulit bersamaan dengan kulit yang mengendur dan kerusakan akibat sinar matahari,” kata Dr Robinson. Baca juga 7 Fakta Tentang Selulit.

    Bagaimana terjadinya selulit masih belum bisa diketahui, meskipun beberapa faktor seperti jenis kelamin, genetik, dan gaya hidup dipercaya dapat menjadi penyebabnya. 

    Sebuah tinjauan pada Februari 2019 pada International Journal of Women’s Dermatology oleh Neil Sadick, MD, seorang profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medicine menyebutkan bahwa kemungkinan lain seperti perubahan vascular dan faktor inflamasi dan perubahan hormon bisa menjadi penyebabnya.

    Untuk mengatasi selulit, menurut American Council menyebutkan bahwa olahraga yang dapat mengencangkan dan menguatkan otot dan kulit.

    “Selain itu, ada miskonsepsi yang beredar bahwa selulit hanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan. Padahal itu tidak benar menurunkan berat badan tidak benar-benar dapat menghilangkan selulit pada kulit Anda,” kata Dr Robinson.

    Ia menekankan bahwa selulit merupakan masalah struktural sehingga menurunkan berat badan mungkin bisa membantu, bisa juga tidak. “Terkadang kulit kendur akibat penurunan berat badan justru membuat selulit semakin terlihat,” tutup Dr Robinson.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id