Kanker Payudara yang Merenggut Nyawa Istri John Travolta

    Raka Lestari - 13 Juli 2020 14:53 WIB
    Kanker Payudara yang Merenggut Nyawa Istri John Travolta
    Istri John Travolta yang bernama Kelly Preston meninggal dunia karena kanker payudara di usia 57 tahun. (Foto: Dok. AFP/BBC)
    Jakarta: Istri John Travolta yang bernama Kelly Preston meninggal dunia karena kanker payudara pada Senin, 13 Juli 2020. Ibu dua anak tersebut tutup usia setelah dua tahun berjuang melawan kanker. Ia meninggal pada usia 57 tahun.

    Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti oleh para wanita. Mengingat gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini cenderung tidak spesifik sehingga banyak kasus keterlambatan diagnosis sehingga menyebabkan kanker payudara yang dialami sudah berada pada stadium lanjut.

    Padahal sebenarnya jika kanker payudara ini bisa dideteksi lebih dini maka angka harapan hidup pasien yang mengalaminya bisa meningkat. 

    "Jadi untuk kanker payudara ini memang salah satu hal yang ditakuti oleh setiap wanita sehingga sangat penting adalah deteksi awal dan pencegahan," ujar dr. M. Yadi Permana, Sp. B (K) Onk, Dokter Spesialis Bedah Onkologi, dikutip dari Medcom.id. 

    "Untuk deteksi awal ini yang perlu kita sampaikan adalah sangat penting untuk dilakukan sadari atau periksa payudara sendiri setiap bulan kira-kira tujuh hari setelah selesai menstruasi dan sadanis yaitu periksa payudara klinis pada dokter paling tidak setahun sekali."

    Ia juga menambahkan bahwa jika seseorang sudah terlanjur mendapatkan diagnosa kanker payudara sebaiknya tidak perlu merasa down atau sedih karena kanker payudara masih bisa disembuhkan. 

    "Kemudian yang paling penting adalah percayalah bahwa kanker payudara ini bisa kita sembuhkan, bisa kita perangi bersama. Jadi jangan takut untuk melakukan pemeriksaan dan menjalani pengobatan kalau memang Anda terdeteksi kanker payudara."

    Untuk harapan hidup sendiri, menurut dr. Yadi, jika kanker payudara tersebut terdeteksi masih pada stadium awal maka angka harapan hidupnya masih cukup tinggi. 

    "Kalau pada stadium 1 maka angka harapan hidup selama lima tahun itu mencapai 98 persen, sedangkan pada stadium dua itu mencapai 90-95 persen sehingga sangat penting makanya untuk deteksi awal deteksi dini pada kanker payudara ini." 

    Menurutnya, salah satu hal yang bisa ditekan untuk mengurangi risiko terjadinya kanker payudara adalah dengan menjauhi gaya hidup yang tidak sehat seperti rokok dan alkohol. 




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id