Beberapa Produk yang Bisa Membunuh Virus Korona

    Raka Lestari - 15 Mei 2020 17:11 WIB
    Beberapa Produk yang Bisa Membunuh Virus Korona
    Ilustrasi-Unsplash
    Jakarta: Virus korona dapat ditemukan di permukaan benda-benda yang ada di dalam rumah. Untuk itu, penting sekali melakukan disinfektan terhadap permukaan benda di rumah.

    Virus yang menyebabkan covid-19 sendiri, menurut studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine dapat bertahan hingga 24 jam. Berikut ini adalah beberapa produk yang dianggap mampu membunuh virus korona yang terdapat di permukaan:

    Pemutih

    Menurut Consumer Reports, pembersih adalah bahan terbaik untuk melawan virus dan pemutih merupakan salah satu bahan yang cukup sering digunakan dalam mencuci. Jangan langsung menggunakan pemutih untuk membersihkan permukaan karena itu terlalu kuat.

    Campur setengah tutup botol pemutih dengan satu liter air. Campuran ini bisa digunakan untuk membersihkan area dapur mulai dari bak cuci piring sampai lantai dapur.

    Hidrogen peroksida

    Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hidrogen peroksida yang mengandung setidaknya 3 persen hidrogen peroksida dapat membunuh rhinovirus yang dapat menyebabkan flu biasa.

    Secara teknis, hidrogen peroksida menghasilkan radikal bebas hidroksil destruktif, yang dapat menyerang lipid membran, DNA, dan komponen sel penting.

    Alkohol isopropil

    Alkohol dengan kandungan setidaknya 70 persen dapat juga dijadikan sebagai bahan disinfektan. Menurut Consumer Reports, Anda tidak perlu mencairkan alkohol terlebih dahulu jika ingin menggunakannya. Alkohol 70 persen aman untuk membersihkan permukaan, tetapi waspada untuk bahan plastik karena dapat menyebabkan perubahan warna.

    Sabun dan air

    Sabun dan air merupakan salah satu pembersih yang terbaik saat ini dan paling mudah digunakan. Sabun bekerja lebih baik dalam mendisinfektan jika Anda ingin membunuh virus di permukaan benda atau kulit.

    Menurut Marketwatch, sabun bekerja dengan cara menghancurkan lapisan lemak. sehingga virus menjadi tidak aktif. Setelah mencuci tangan menggunakan sabun, sebaiknya gunakan handuk kering untuk mengeringkannya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id