Kenapa Sih Kita Harus Social Distancing Selama 14 Hari?

    Kumara Anggita - 22 Maret 2020 12:43 WIB
    Kenapa <i>Sih</i> Kita Harus <i>Social</i> <i>Distancing</i> Selama 14 Hari?
    Social distancing dilakukan selama 14 hari karena virus korona atau covid-19 memiliki waktu inkubasi selama 14 hari. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Melihat virus korona atau covid-19 sedang mewabah di berbagai negara, maka di Indonesia masyarakat dianjurkan untuk melakukan social distancing atau jaga jarak sosial.

    Mengutip dari Forbes, social distancing adalah sebuah strategi kesehatan masyarakat yang dilakukan untuk mencegah atau memperlambat penyebaran patogen infeksius seperti virus. 

    Social distancing sangat penting untuk memerangi pandemi covid-19 karena saat ini belum ada vaksin yang ditemukan. Anda harus melakukan segala upaya untuk sebisa mungkin menjaga jarak secara fisik dengan satu sama lain. 

    Ini termasuk mengisolasi orang yang terinfeksi, melakukan karantina orang yang mungkin telah terinfeksi, dan membuat orang terpisah satu sama lain secara umum. Hal ini dilakukan selama setidaknya 14 hari. 

    Social distancing dilakukan selama 14 hari, poin utamanya adalah untuk menyelamatkan ribuan orang. Virus ini memiliki waktu inkubasi selama 14 hari.

    Saat banyak orang melakukan aktivitasnya di rumah saja, maka laju penularannya bisa berkurang dan bahkan berhenti. Dengan seperti itu para tenaga medis bisa punya waktu untuk mengobati mereka yang sudah terpapar virus covid-19 sampai sembuh.

    Social distancing diharapkan bisa menjadi jawaban untuk menghindari beludaknya pasien di rumah sakit seperti yang terjadi di Wuhan, Tiongkok dan Italia. 

    Anda tidak perlu khawatir dengan berdiam diri di rumah. Ini karena Anda bisa tetap melakukan aktivitas seperti biasa di sana dengan menggunakan internet. Ini menjadi cara untuk lebih bersantai tapi tetap produktif.

    Dr. Gia Pratama juga menuliskan pada laman sosial medianya @giapratamamd "We stay at work for you, you stay at home for us," yang ia jelaskan yaitu agar banyak yang selamat dari wabah ini.

    "Selamat karena tidak terinfeksi. Dan bagi yang terinfeksi tersembuhkan oleh RS yang kapasitasnya masih tercukupi," ucap dr. Gia Pratama.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id