Apakah Mengonsumsi Sayuran Mengurangi Risiko Diabetes?

    Sunnaholomi Halakrispen - 10 September 2020 08:15 WIB
    Apakah Mengonsumsi Sayuran Mengurangi Risiko Diabetes?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Pola makan yang kaya sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Hal ini mungkin karena kandungan yang ada di dalam sayur-sayuran, salah satunya kandungan seratnya yang tinggi.

    Dikutip dari Healthline, serat dianggap membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin. Keduanya dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

    Sayuran juga mengandung antioksidan dalam jumlah besar dan senyawa tanaman bermanfaat. Ini dianggap mengurangi jenis stres oksidatif yang dapat mencegah gula memasuki sel dengan benar.

    Beberapa tinjauan besar, termasuk total lebih dari 400.000 orang dan mencakup lebih dari 4 hingga 23 tahun, telah dilakukan mengenai topik ini. Sebagian besar mengaitkan setiap tambahan 106 gram sayuran yang dimakan per hari dengan 2 hingga 14 persen risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

    Selain itu, ulasan terbaru melaporkan efek terbesar setelah konsumsi 7,5–11 ons (212–318 gram) sayuran per hari tanpa manfaat tambahan untuk porsi yang lebih besar.

    Menariknya, satu ulasan membandingkan risiko terkena diabetes di antara orang yang makan paling banyak, dan mereka yang makan paling sedikit jenis sayuran tertentu.

    Mereka menyimpulkan bahwa mereka yang makan sayuran paling banyak, seperti brokoli, kubis, kangkung, dan kembang kol dapat memperoleh manfaat dari risiko diabetes tipe 2, 7 persen lebih rendah.

    Sebagai perbandingan, mereka yang makan sayuran paling kuning memiliki risiko hingga 18 persen lebih rendah. Sedangkan, mereka yang makan sayuran paling banyak memiliki risiko hingga 28 persen lebih rendah.

    Namun, studi tentang topik ini sebagian besar bersifat observasi. Sehingga, sulit untuk menyimpulkan bahwa sayuran sebenarnya adalah penyebab penurunan risiko diabetes tipe 2.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id