Kaitan ASI dengan Vitamin D

    Sunnaholomi Halakrispen - 08 Agustus 2020 18:01 WIB
    Kaitan ASI dengan Vitamin D
    ASI (air susu ibu) merupakan asupan terpenting yang kaya gizi bagi bayi. Produksinya pun diupayakan oleh para ibu. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: ASI (air susu ibu) merupakan asupan terpenting yang kaya gizi bagi bayi. Produksinya pun diupayakan oleh para ibu. Namun, apakah konsumsi vitamin D memengaruhi produksi ASI atau ada kaitan antara ASI dengan vitamin D?
     
    "Kadar vitamin D dalam ASI bervariasi tergantung status vitamin D ibu. Ini dipengaruhi oleh paparan sinar matahari dan intake sehari-hari ibu," ujar Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K) selaku Pemimpin NICU Siloam Hospitals Kebon Jeruk dalam webinar Support Breastfeeding for Healthier Planet oleh Siloam Hospital Kebon Jeruk.

    Ia memaparkan bahwa vitamin D bisa diperoleh dari banyak sumber. Di antaranya, dari sinar matahari dan dari makanan, yakni telur, rawmilk, jamur, tuna, sarden, salmon, mackerel, caviar, hingga cod liver oil.

    "Kalau dari matahari, itu lewat kulit yang disebut provitamin D alan dimetabolisme di kulit menjadi vitamin D3 kemudian dibawa ke hati," paparnya.

    Di hati, vitamin ini akan dimetabolisme menjadi 25-hydroxyvitamin D. Kemudian, dibawa ke ginjal dengan dimetabolisme lagi menjadi vitamin D yang siap pakai.

    "Vitamin D ini berguna untuk meningkatkan absorbsi, kalsium, fosfor, di saluran cerna. Juga berguna untuk pembentukan tulang, gigi, otot," tuturnya.

    Selain itu, juga untuk mekanisme pertahanan terhadap infeksi, terhadap inflamasi. Maka, ada banyak sekali manfaat dari vitamin D dan merupakan sesuatu yang harus diperhatikan dalam mensupport pemberian ASI kepada si buah hati.

    "Suplementasi vitamin D ini akan dipakai oleh si ibu karena dia akan memberikan vitamin D ini untuk janinnya kalau sedang hamil. Kalau kurang, tentunya penyerapan kalsium akan terganggu. Jadi selama hamil dan menyusui itu penting sekali vitamin D," pungkasnya.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id