Cermat Pilih Cairan Pembersih Tangan untuk Hindari Dermatitis

    Rendy Renuki H - 27 Maret 2021 08:37 WIB
    Cermat Pilih Cairan Pembersih Tangan untuk Hindari Dermatitis
    Ilustrasi (Medcom.id/Mohammad Rizal)



    Jakarta: Cairan pembersih tangan (hand sanitizer) semakin populer dipakai di masa pandemi Covid-19. Mengingat penggunaannya yang praktis mematikan virus dan bakteri.

    Namun, harus diperhatikan pemilihan cairan pembersih tangan yang tepat. Karena penggunaan yang tidak sesuai bisa menyebabkan dermatitis kontak pada kulit.






    Pasalnya, cairan pembersih tersebut mengandung alkohol. Sehingga berpotensi menimbulkan iritasi, terutama bagi kulit sensitif.

    "Ada jeda waktu minimal 20 detik (efek pemakaian), dan yang paling baik menggunakan sabun dan air mengalir," tutur dr. Novia Yudhtiara, spesialis kulit dan kelamin Siloam Hospital Bekasi, dikutip Sabtu 27 Maret 2021.

    Dermatitis adalah peradangan berupa ruam gatal kemerahan pada kulit. Gejala itu muncul akibat kontak langsung kulit dengan zat tertentu.

    Meski tidak menular dan berbahaya, namun ruam tersebut menyebabkan rasa tidak nyaman bagi penderita. Ruam pun biasanya dapat hilang dalam waktu dua hingga empat pekan.

    "Agar pengobatan bisa berjalan secara efektif, penderita harus mengidentifikasi dan menghindari penyebab munculnya dermatitis kontak pada kulit mereka," lanjut Novia.

    Selain ruam kemerahan, gejala umum dermatitis kontak pada kulit biasanya adalah gatal, kering, dan sakit saat disentuh. Gejala lain bisa berupa pembengkakan, kulit melepuh, dan perubahan epidermis serta pelepasan sel inflamasi.

    Demi menghindari terjadinya dermatitis, seseorang bisa mencermati dahulu pemakaian cairan pembersih tangan. Seperti memiliki kandungan mineral oil, tidak mengandung pewarna atau pengharum buatan.

    Tips lainnya adalah pemilihan cairan pembersih dengan bahan seramid shea butter dan minyak almond. Kandungan tersebut dianjurkan untuk pemilik kulit sensitif.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id