Makanan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

    Raka Lestari - 03 Januari 2020 14:04 WIB
    Makanan yang Dapat Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya dengan memilih makanan-makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

    Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

    -Salmon

    Salmon menyediakan berbagai vitamin dan mineral. Termasuk omega 3, protein, vitamin D, selenium, dan yodium. Ahli gizi terdaftar Daniel O'Shaughnessy, memilih salmon liar jika memungkinkan karena lebih kaya akan kandungan omega 3 dan biasanya lebih merah muda. Yang berarti ia memiliki lebih banyak antioksidan, astaxanthin, yang menurut penelitian baik untuk meningkatkan kesehatan kulit.

    -Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan sangat baik dikonsumsi karena kandungan serat, protein, dan kandungan lemak tak jenuhnya. British Nutrition Foundation (BNF) juga mencatat bahwa kacang mengandung berbagai nutrisi penting seperti tiamin dan zat besi, yang dapat membantu energi dan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda. O'Shaughnessy menyarankan untuk memilih kacang kenari (kaya omega 3) dan kacang brasil, yang kaya akan selenium.

    -Sayuran hijau

    Mungkin sudah banyak yang mengetahui sebelumnya bahwa sayuran berdaun hijau merupakan salah satu makanan paling bernutrisi. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kubis mengandung vitamin C dan A, folat dan kalium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Brokoli juga merupakan salah satu yang paling bergizi, kata O'Shaughnessy, karena mengandung DIM (Di-indolyl Methane), yang dapat mendukung keseimbangan hormon.

    -Kacang lentil

    Menurut BNF, jenis makanan seperti kacang lentil merupakan sumber serat yang baik. Kacang lentil juga mengandung zat besi dan folat, yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Penulis dan ahli gizi Jo Travers menyarankan, untuk menambahkan kacang lentil dalam masakan sambil menambahkan sayuran untuk nutrisi tambahan.

    -Whole grains

    Karbohidrat yang terbuat dari gandum utuh seperti seperti roti, pasta, atau burger cepat dan mudah dimasak dan kaya serat serta nutrisi. Seperti niacin dan fosfor, yang membantu tubuh memperbaiki jaringan dan sel.

    "Makanan ini memberi kita energi yang kita butuhkan untuk berfungsi tanpa meningkatkan gula darah. Namun usahakan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan," kata Travers.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id