Alasan Mengapa Anda Jengkel di Tempat Kerja

    Kumara Anggita - 18 Maret 2020 11:04 WIB
    Alasan Mengapa Anda Jengkel di Tempat Kerja
    Yang menjadi masalah adalah ketika Anda jengkel setiap hari terhadap pekerjaan Anda. Ini adalah hal yang disayangkan karena bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Semua pekerjaan pasti memberikan tantangan masing-masing. Oleh karena itu, dalam menjalaninya Anda tidak akan merasa selalu mulus. 

    Yang menjadi masalah adalah ketika Anda jengkel setiap hari terhadap pekerjaan Anda. Ini adalah hal yang disayangkan karena bisa mempengaruhi kesehatan mental Anda.

    Untuk mempermudah mengetahui sumber kejengkelan tersebut, mungkin Anda bisa mencari tahu alasan umum mengapa orang jengkel dengan tempat kerjanya. 

    Berikut penjelasannya oleh dari Survei Job Happiness Index 2017, yang dilakukan bersama oleh JobStreet.com dan jobsDB yang dilangsungkan dari 31 Juli 2017 hingga 31 Agustus 2017 ini dilakukan terhadap 35.513 pegawai dari 7 negara dengan ekonomi terbesar di Asia. Survei ini dilakukan pada pegawai muda yang berusia 21-30 tahun dan pegawai senior yang berusia 31 hingga 45 tahun. 

    Gaji

    Pegawai muda dan pegawai senior memiliki sumber kejengkelan yang berbeda. Untuk mereka yang masih muda, survei menunjukkan bahwa mereka tidak bahagia dengan gaji dan tunjangan mereka. Hal ini menunjukkan bahwa pegawai muda perlu untuk mendapatkan sesuatu yang atraktif.

    Mereka juga menyebut ‘gaji pokok’ sebagai faktor ke-2 penyebab ketidakpuasan mereka dalam bekerja. Kebanyak mereka merasa bahwa apa yang mereka kerjakan tidak memenuhi ekspektasi.

    Tak adanya perkembangan karir dan peluang pelatihan

    Sementara pegawai senior tidak puas dengan perkembangan karir dan peluang pelatihan yang mereka terima. Ini karena  mereka berfokus untuk   menaiki ‘tangga’ atau hierarki perusahaan dan kurangnya pengembangan karir di sebuah perusahaan akan menghalangi kemajuan karir mereka.

    Mereka berpikir bahwa 'tim kepemimpinan' dan 'peluang pelatihan' masing-masing dinilai sebagai faktor kedua dan ketiga teratas yang menyebabkan ketidakpuasan di tempa kerja.

    Hal ini umumnya disebabkan oleh kenyataan bahwa kepemimpinan yang baik sangatlah berarti bagi pegawai senior karena berdampak langsung pada semangat kerja dan produktivitas, serta kebutuhan pegawai senior untuk terus mengikuti pelatihan guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

    Tentunya hal ini juga bikin pegawai muda juga jengkel. Namun tak separah yang dirasakan pegawai senior. Ini karena mereka yang muda khawatir terhadap prospek perkembangan karier mereka yang terlihat suram.

    Itulah hal-hal yang sering kali bikin Anda jadi tak bahagia dengan pekerjaan. Anda bisa konsultasikan pada HRD Anda bila ingin melakukan suatu perubahan. Selamat bekerja!





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id