Trik Mengetahui Anda sedang Mengalami Toxic Relationship

    Sunnaholomi Halakrispen - 23 Juni 2020 14:04 WIB
    Trik Mengetahui Anda sedang Mengalami <i>Toxic Relationship</i>
    Ketika pasangan Anda menginginkan Anda untuk dirinya sendiri, hubungan Anda dengan orang lain mungkin dibatasi. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Kita semua ingin merasa aman, dicintai, dan bahagia dalam hubungan percintaan yang tengah dijalani. Namun, terkadang tanda peringatan dari hubungan yang buruk atau toxic (beracun) tidak terlihat jelas.

    Toxic relationship memengaruhi kondisi mental maupun fisik Anda, kekasih Anda, ataupun kalian berdua. Celakanya, jika memaksakan diri berada di zona merah itu, justru Anda tidak akan merasa bahagia meskipun terlihat selalu bersama-sama. Berikut cara memahami diri sendiri ketika Anda mengalami toxic relationship, dikutip dari RD:

    1. Pahami apakah Anda dikendalikan

    Salah satu tanda pertama dari hubungan beracun ialah ketika satu orang sangat mengendalikan pasangannya, atau dengan kata lain, Anda sulit mengutarakan pandangan Anda. Hal ini disampaikan oleh Andrea Bonior, PhD, penulis The Friendship Fix.

    "Akan tetapi, ini tidak selalu berarti mengancam secara fisik atau kekerasan," ujar Andrea.

    Menurut Profesor Psikologi di Universitas Georgetown Dr. Bonior, ketika Anda sulit mengutarakan pendapat, bisa jadi Anda merasa takut untuk membagikannya karena Anda gugup dan takut pada reaksi emosional pasangan Anda.

    Sadar atau tidak, Anda merendahkan diri Anda sehingga pasangan Anda bisa merasa pintar atau hebat saat itu. Kondisi inilah tanda merah besar dalam hubungan beracun.

    2. Perhatikan kondisi fisik Anda

    "Tubuh Anda cerdas. Jika Anda makan racun, tubuh Anda akan segera mencoba untuk membuangnya. Jika Anda merasakan ada sesuatu yang mengganggu di mata Anda, mata Anda akan bereaksi untuk mengeluarkannya," tutur pakar hubungan Sofia Milan.

    Maka dari itu, perhatikan kondisi fisik Anda, apakah Anda merasa sedikit mual atau tidak nyaman selama menjalin hubungan dengan pasangan Anda. Tertekan? Rambut Anda akan rontok. Apalagi jika mengalami masalah fisik seperti muntah, pusing atau pingsan, nyeri dada, maupun kulit memerah.

    Tubuh Anda mungkin berusaha mendapatkan perhatian Anda. Penyakit fisik sering muncul dengan sendirinya pada orang dalam hubungan beracun. Milan menyatakan, penting untuk bertanya pada diri sendiri tentang akar penyebab dari perasaan sakit tersebut.

    "Mereka mungkin merupakan gejala dari stres. Tetapi jika pasangan Anda adalah orang yang pertama kali terpikirkan, itu adalah tanda bahwa Anda perlu memulai percakapan untuk memperbaiki masalah itu," paparnya.

    3. Hanya Anda yang selalu berjuang

    Beberapa pertengkaran bisa menjadi tanda sehat dari semakin berkembangnya suatu hubungan. Namun, tidak selamanya seperti itu, karena kesalahpahaman konstan merupakan pertanda buruk dalam hubungan percintaan yang dijalin.

    "Ketika pasangan saling mengenal satu sama lain dengan lebih baik, harus ada kemajuan menuju lebih banyaknya sikap pengertian dan lebih sedikit kesalahpahaman. Komunikasi buruk yang tidak pernah membaik adalah racun," jelas Sue Kolod, PhD selaku psikoanalis di New York City.

    Sebab, tanpa komunikasi, suatu hubungan tidak akan pernah bisa maju. Toxic relationship terlihat juga dari perjalanan yang begitu dramatis, yakni ketika pasangan tumbuh dengan sandiwara tinggi, adanya jeritan, tuduhan, lemparan tangan atau kata.

    4. Larangan menjalin hubungan baik dengan orang lain

    Ketika pasangan Anda menginginkan Anda untuk dirinya sendiri, hubungan Anda dengan orang lain mungkin dibatasi. Termasuk juga tentang hubungan erat dengan sahabat Anda yang berbeda jenis kelamin, yang telah dipupuk sejak lama.

    "Ketika seorang pasangan menginginkan Anda untuk memutuskan hubungan dengan teman dan keluarga, itu adalah tanda hubungan yang beracun. Mengisolasi pasangan dari teman dan keluarga itu mengecewakan, karena merupakan upaya untuk mengendalikan Anda," pungkas Dr. Kolod.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id