Tiga Tips Melatih Kesadaran Diri dengan Pasangan saat New Normal

    Kumara Anggita - 26 Juni 2020 18:56 WIB
    Tiga Tips Melatih Kesadaran Diri dengan Pasangan saat New Normal
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Pandemi covid-19 ini membuat perasaan kita bercampur aduk. Tak dielakkan sikap kita dengan orang-orang sekitar juga berubah, termasuk dengan pasangan.

    Hal yang penting dimiliki dalam masa-masa ini adalah self awareness atau kesadaran diri. Dengan seperti itu, Anda bisa mengerti situasi dan tidak memberikan terlalu banyak tekanan pada diri sendiri maupun orang lain.

    Untuk mendapatkan self awareness itu, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan dengan pasangan. Berikut penjelasannya oleh Zoya Amirin, seorang Psikolog Klinis dengan sertifikasi Sexolog.

    1. Berproses berdua sebagai tim

    Menurutnya, tips paling efektif dalam berproses berdua di sini adalah saling berdiskusi dari hati ke hati dengan pasangan Anda. Atur waktu berdua untuk membuat waktu berkualitas setidaknya satu jam.

    “Masing-masing memiliki waktu selama 30 menit untuk mengungkapkan rangukan perasaan sejak Maret hingga Juni 2020. Ini bisa tentang ketakutan, keberhasilan, kekhawatiran, naik turun mood, bosan, tertekan dan lain-lain. Ungkapan perasaan harus selalu diawali dengan ‘saya merasa’,” ujar Zoya dalam Roompi dengan Tema Meningkatkan gairah seks di masa New Normal (Menggungkap tips dan trik kehidupan sex pasutri) di Aplikasi Orami Parenting.

    2. Validasi perasaan pasangan

    Anda juga perlu untuk menjadi pendengar yang aktif. Itu artinya selama mendengar pasangan, Anda mengekspresikan perasaannya, dengarkan dengan seksama sampai selesai lalu beri pelukan hangat penuh kasih.

    Katakan Terima kasih kamu mau bercerita, apa dukungan emosi yang Anda butuhkan untuk membuat hidup lebih ringan saat ini?’,” ujar Zoya.

    Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan oleh Anda dan pasangan adalah cinta dan dukungan bukan penghakiman. Jadilah suporter yang baik.

    3. Berikan jarak dengan pasangan

    Mendekatkan diri perlu tapi tetap ingat untuk memberikan jarak satu sama lain. Biarkan pasangan Anda untuk merasa bebas di tengah tekanan pandemi ini.

    “Pembelajaran terbesar dalam relationship selama masa ini adalah don’t take each other for granted, berikan personal space pada diri Anda dan pasangan Anda. Latihan mengelola stres dengan penerimaan bukan asal ‘positif thinking’ semata,” tegas Zoya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id