5 Cara Memilih Cat untuk Beragam Kebutuhan Rumah

    Timi Trieska Dara - 12 Januari 2020 12:55 WIB
    5 Cara Memilih Cat untuk Beragam Kebutuhan Rumah
    Ada beragam cat untuk beragam kebutuhan yang berbeda. Simak informasinya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Ingin memperbaiki dinding interior, kabinet, furnitur dan eksterior, tidak semua cat dibuat sama. Ada begitu banyak jenis cat, dan mengetahui cat apa yang dipilih untuk pekerjaan itu dapat menghemat waktu, uang, dan frustrasi.

    1. Cat interior

    Ketika mengecat interior, Anda dapat menghemat banyak usaha dengan memilih cat serbaguna yang mencakup cat primer dan cat. Cat lateks interior yang mencakup primer, seperti Cat Primer Interior plus Primer, menutupi dinding dalam satu lapisan, yang menghilangkan kebutuhan untuk beberapa lapisan cat. 

    Baik itu mengecat dinding yang putih pekat atau membuat sedikit perubahan warna pada dinding interior Anda, cat yang mencakup primer memberikan cakupan yang lebih baik daripada cat lateks tradisional, dan Anda akan menghemat waktu dan uang Anda karena lebih sedikit cat yang dibutuhkan.

    Jika Anda mengecat kamar mandi atau ruangan yang rentan terhadap kelembapan tinggi, seperti ruang berjemur, cari cat interior khusus, seperti cat Benjamin Moore Aura Bath & Spa, yang dibuat untuk area dengan kelembapan tinggi untuk membantu mengurangi kemungkinan terkelupas dan ternoda seiring waktu.

    5 Cara Memilih Cat untuk Beragam Kebutuhan Rumah
    (Jika ada orang di rumah Anda yang menderita asma, alergi, atau peka terhadap bahan kimia atau bau cat, memilih cat yang tepat untuk rumah Anda menjadi tantangan yang lebih besar.  Foto: Pexels.com)

    2. Cat kabinet, pintu, dan trim interior

    Jika Anda hendak mengecat lemari, pintu, atau trim interior di rumah dalam waktu dekat, kunci untuk memilih cat yang tepat adalah menemukan cat yang tidak hanya sangat tahan lama tetapi juga memiliki hasil akhir yang indah dan halus. 

    Sangat penting untuk memilih dengan hati-hati dalam mengecat produk untuk area lalu lintas tinggi di rumah, termasuk trimwork interior, pintu, dan lemari, yang menerima pemakaian paling banyak setiap hari dan kebetulan juga merupakan area yang paling terlihat.

    Cat enamel berbasis air atau minyak diformulasikan khusus untuk area lalu lintas tinggi ini dan memiliki tujuan ganda dalam hal ketahanan dan penyelesaian. 

    Banyak cat enamel yang mengandung aditif self-leveling yang membantu memastikan cat akan menyebar secara merata dan mengurangi bekas kuas. 

    Cat enamel tidak memerlukan lapisan atas, karena cat ini diformulasikan khusus untuk memberikan hasil akhir yang sangat tahan lama dan kuat.

    Cat enamel seperti Sherwin Williams ProClassic Waterborne Interior Acrylic Enamel akan memberikan hasil akhir yang halus dan tahan lama yang cukup tangguh untuk tahan terhadap keausan sehari-hari.

    3. Cat bebas alergi

    Jika ada orang di rumah Anda yang menderita asma, alergi, atau peka terhadap bahan kimia atau bau cat, memilih cat yang tepat untuk rumah Anda menjadi tantangan yang lebih besar. Berita baiknya adalah sekarang ada produk cat interior di pasaran dengan senyawa organik volatil rendah atau nol, atau VOC. Cat interior ini membantu mengurangi alergen dan sensitivitas terhadap cat.

    Benjamin Moore Natura adalah lini cat bersertifikat ramah asma dan alergi dengan nol VOC dan nol emisi yang tersedia dalam berbagai warna. Sebagai bonus, Benjamin Moore Natura melakukan self priming pada sebagian besar permukaan, yang merupakan penghemat waktu yang besar, karena lebih sedikit lapisan yang dibutuhkan.

    4. Cat eksterior

    Dengan begitu banyak jenis cat eksterior di pasaran, mungkin luar biasa mengetahui cat apa yang akan melakukan pekerjaan terbaik dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca untuk tahun-tahun mendatang. 

    Cat eksterior paling tahan lama dengan daya tahan terbesar memiliki formulasi yang mencakup perlindungan UV, ketahanan terhadap jamur dan lumut, dan tahan terhadap pecah-pecah, mengelupas, dan retak.

    Cat eksterior yang mengandung primer akan membutuhkan lebih sedikit lapisan dan lebih sedikit cat, yang akan membantu menghemat waktu dan uang saat mengecat rumah Anda.

    5. Cat furnitur

    Ada banyak sekali cat furnitur yang tersedia di pasaran, termasuk cat dengan corak corak, pernis mengilap, dan pelapis yang menciptakan tampilan kaku. Jika Anda tidak mencari pelapis cat dekoratif khusus untuk cat furnitur, cat enamel berbasis air atau minyak tradisional akan memberikan hasil akhir yang indah, halus, dan tahan lama pada furnitur yang akan cukup tangguh bahkan untuk bagian furnitur dengan lalu lintas tinggi. 

    Tidak ada lapisan atas yang diperlukan untuk cat enamel, karena lapisan akhir diformulasikan cukup kuat untuk digunakan tanpa lapisan atas yang jernih.

    Lengkapi dengan aditif ekstender membuat proses pengecatan furnitur lebih halus dan membantu menyembunyikan ketidaksempurnaan pengecatan. Lihat petunjuk yang ditemukan pada aditif ekstender untuk menentukan berapa banyak produk yang akan dicampur dengan cat Anda.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id