comscore

Tonggak Pertumbuhan Anak Usia 18-24 Bulan

Anda Nurlaila - 01 Februari 2020 09:03 WIB
Tonggak Pertumbuhan Anak Usia  18-24 Bulan
Si kecil berkembang menjadi seorang penjelajah kecil yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. (Ilustrasi/Pexels)
Jakarta: Si kecil berkembang menjadi seorang penjelajah kecil yang memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Pada usia ini anak mulai mengembangkan beberapa keterampilan dasar yang berguna pada perkembangan selanjutnya. 

Bergerak, melompat, memanjat, belajar makan sendiri hingga mulai mengenali perbedaan antara anak perempuan dan laki-laki. Seperti dilansir dari Parents, ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua tentang kemampuan balita  18 hingga 24 bulan dan kiat membantu anak.
Makan sendiri

Anak bersikeras memegang sendoknya sendiri dan menyuap makanannya. Meski berantakan, makan sendiri adalah perkembangan penting bagi anak. 

Menari

Balita Anda tanpa malu akan membiarkan tubuh mereka bergerak mengikuti irama dan menari dengan cara menggemaskan. Saatnya membuat video!

Mengerti tetapi mungkin tidak mengikuti perintah

Ketika memberi perintah agar anak melakukan sesuatu, ia sebenarnya dapat mengikuti arahan Anda tapi malah melarikan diri dengan gembira tanpa berpikir dua kali.
 
Berhenti memasukkan benda ke mulut dan mengenali bagian tubuh

Anda mungkin melihat mulai kehilangan kebiasaan memasukkan benda-benda ke dalam mulut mereka untuk mengeksplorasinya. Anak mulai menemukan dan mengenali mulut, mata, dan bagian tubuh lainnya. 

Suka membantu ibu

Saat mengerjakan pekerjaan rumah tangga, si kecil akan membayangi Anda. Saat diberi kesempatan, dia suka membantu dengan apa pun yang Anda lakukan. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga bisa menyenangkan bagi balita. 

"Membaca" sendiri

Bagi anak sebuah kebanggaan sendiri saat ia memegang buku-bukunya sendiri dan bersemangat "membacanya" dengan keras. 

Tahu salah dan benar 

Dalam banyak keadaan, anak dapat mengetahui apa yang benar dan salah. Jadi jangan tertipu dengan mata memelasnya saat anak melakukan kesalahan. 

Sulit tidur 

Orang tua ingin beristirahat dan menidurkan balita. Tapi si kecil selalu punya ide lain. Sehingga seringkali waktu tidur serasa seperti bertempur. 

Menghubungkan dua kata

Anak dapat menggunakan dua kata untuk mengekspresikan  perasaan, keinginan, dan kebutuhannya.

Bisa melempar bola

Sekarang anak mulai dapat melempar bola dan menikmati permainan lempar bola bersama Anda. 

Menanggalkan pakaian sendiri

Bagi balita membuka pakaian sendiri adalah tonggak perkembangan. Begitu dia tahu cara membuka pakaian, jangan kaget jika Anda menangkapnya tanpa mengenakan apa-apa!

Berbicara cukup baik untuk dapat dimengerti

Sebelumnya Anda mungkin kurang dapat menafsirkan ucapan balita. Saat di sekitar usia ini, anak-anak sering mulai berbicara dengan cukup baik untuk dipahami.

Menaiki tangga

Tangga bisa menakutkan bagi orang tua, namun memanjat mereka adalah keterampilan yang perlu dikuasai oleh anak-anak. Awasi saat anak Anda belajar untuk menaiki tangga.

Mulai menyikat gigi sendiri

Anda mulai dapat membuatnya bertanggung jawab atas kesehatan giginya. Ajari anak cara menyikat gigi kecilnya. Pastikan memerhatikannya dengan seksama ketika sudah selesai!

Mengidentifikasi orang / objek dalam gambar

Gambar-gambar dalam album keluarga Anda mempunyai makna baru bagi balita Anda yang tumbuh. Minta dia untuk menunjukkan orang yang dicintai di foto agar anak belajar mengidentifikasi orang dan benda yang dikenal.

Bisa berjalan menuruni tangga

Tidak lagi puas untuk merangkak, anak semakin berani berjalan menuruni tangga. Pastikan dia diawasi saat dia mempraktikkan keterampilan motorik besar ini.

Mengetahui objek permanen

Jika Anda menyembunyikan mainan dari pandangan anak Anda, ia mengerti bahwa mainan itu masih ada dan mungkin mencoba menemukannya. Anda dapat menguji rasa objek permanennya dengan permainan petak umpet!

Mengerti preposisi

Jika Anda memberi tahu dia bolanya di bawah meja, si kecil tahu ke mana harus mencarinya. 

Rutinitas dengan objek miliknya

Motto balita di usia ini adalah semua milikku adalah milikku dan milikmu adalah milikku! Amati si kecil yang manis dapat tiba-tiba menjadi posesif atas setiap benda yang dipegangnya.

Malu pada orang baru

Jangan terkejut jika anak Anda yang sebelumnya santai tiba-tiba menjadi pemalu dalam situasi sosial tertentu. Bertemu dengan orang-orang baru sering menimbulkan rasa malu.

Menumpuk balok

Setumpuk balok dapat memberikan banyak hiburan bagi balita, terutama begitu ia mahir menumpuknya. Sangat menyenangkan untuk membangun menara tinggi dan merubuhkannya lagi.

Ingin perhatian sepanjang waktu

Sudah menjadi sifat balita untuk menginginkan perhatian orang tua hanya untuk dirinya sendiri. Anak dapat mengganggu ayah dan ibu terus menerus. 

Suka permainan interaktif

Balita sangat suka permainan interaksi. Waktu bermain Anda dengan anak sangat penting untuk pertumbuhannya. Selain itu, bermain dengannya benar-benar menyenangkan!

Mengidentifikasi suka dan tidak suka

Anak mulai memilih untuk menyukai dan mengenakan piyama warna kuning daripada warna merah. Atau mengatakan dia sudah selesai bermain. Perhatikan bagaimana anak belajar mengekspresikan keinginan dan ketidaksukaannya.

Menanggapi pertanyaan sederhana

Ajukan pertanyaan sederhana dan Anda mungkin saja mendapatkan jawaban sederhana dari balita. Cobalah bertanya kembali dan lihat apakah dia akan menanggapi pertanyaan Anda.

Tahu perbedaan gender

Anda dapat berpakaian sendiri sekarang dan mungkin memperhatikan bahwa sementara dia senang mengenakan rok, anak laki-laki di sebelahnya tidak. Dia telah melihat perbedaan antara anak perempuan dan laki-laki.

Bicara tentang diri sendiri

Sepertinya anak baru saja belajar berjalan dan sekarang dia mampu melompat! Balita Anda senang memberitahu Anda tentang prestasi barunya atau membicarakan diri mereka sendiri. 



(YDH)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id