Kemarahan Bisa Muncul karena Sifat Perfeksionis

    Kumara Anggita - 12 Februari 2020 15:00 WIB
    Kemarahan Bisa Muncul karena Sifat Perfeksionis
    Kemarahan bisa muncul karena berbagai alasan, salah satunya adalah sifat yang perfeksionis. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Kemarahan bisa muncul karena berbagai alasan, salah satunya adalah sifat yang perfeksionis. Bila sesuatu tidak berjalan sesuai dengan standar yang telah Anda terapkan, maka emosi itu seakan tak bisa dikendalikan.

    Dilansir dari Psychology Today, kemarahan akibat sifat perfeksionis muncul karena tiga situasi antara lain, ketika sesuatu yang Anda usahakan tak memenuhi standar yang telah Anda buat. Kemudian ketika orang lain tidak memenuhinya standar yang telah Anda buat, dan ketika dunia yang kejam telah mengkhianati cita-cita yang sudah Anda rancang sedemikian mungkin. 

    Beberapa hal mungkin bisa diperbaiki hingga sesuai dengan standar awal yang dibuat. Namun ada juga hal-hal yang tak bisa diusahakan lagi. Bila hal ini terjadi, apa yang perlu Anda lakukan?

    Jika Anda kesal pada diri sendiri karena gagal memenuhi standar tersebut, Anda dapat memilih untuk melakukan perubahan kreatif, mengevaluasi kembali standar tinggi Anda, atau bebelas kasihan pada diri sendiri dengan mengatakan “Anda memiliki hak untuk menjadi tidak sempurna. Anda adalah manusia!”.

    Sementara jika orang di sekitar Anda yang tak memenuhi standar, Anda bisa berbicara dengan jelas tentang apa yang Anda harapkan, mencoba melihat situasi dari sudut pandang orang lain, atau memutuskan untuk merelakannya begitu saja.

    Dan ketika dunia ini berlaku kejam, tidak adil pada Anda, maka Anda bisa melakukan sebuah aksi misalnya  menjadi seorang aktivis dan setidaknya membuat sudut dunia jadi terlihat sedikit lebih baik dengan usaha Anda. Hal ini akan membuat perasaan menjadi lebuh baik.

    Itulah cara untuk mengakali sifat perfeksionis Anda yang suka bikin Anda frustasi. Bila Anda mencobanya, perhatikan perubahan apa yang akan Anda terima nantinya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id