Bolehkah Olahraga Setelah Konsumsi Alkohol?

    Sunnaholomi Halakrispen - 27 November 2019 08:05 WIB
    Bolehkah Olahraga Setelah Konsumsi Alkohol?
    Alkohol juga meningkatkan denyut jantung si peminumnya. Sedangkan, olahraga juga memacu denyut jantung berdetak lebih cepat. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Berolahraga bisa dilakukan kapanpun dan di mana saja. Apalagi ketika hanya menjalankan olahraga ringan. Akan tetapi, bolehkah melakukan olahraga setelah mengonsumsi alkohol?

    dr. Muliadi Limanjaya selaku Dokter Umum RS Pondok Indah-Bintaro Jaya memberikan penjelasan dari sisi medis terkait hal tersebut. Salah satu fokusnya ada pada tingkat konsentrasi orang yang telah mengonsumsi alkohol.

    "Alkohol kan memengaruhi kesadaran. Sebenarnya performa juga terganggu, seperti stamina dan segala macam," ujar dr. Muliadi kepada Medcom.id.

    Lebih lanjut, alkohol juga meningkatkan denyut jantung si peminumnya. Sedangkan, olahraga juga memacu denyut jantung berdetak lebih cepat dibandingkan sebelum olahraga.

    "Ujung-ujungnya akan menimbulkan efek samping, apalagi untuk orang dengan penyakit-penyakit tertentu sebaiknya menjauhi alkohol," tuturnya.

    Berolahraga dalam keadaan setelah minum alkohol menyasar pada keselamatan diri sendiri, karena olahraga akan menjadi tidak fokus. Contohnya, mengangkat beban ketika di fitness center berisiko tertimpa alat beban itu sendiri.

    Begitu pula ketika lari menggunakan treadmill atau lari di luar ruangan, gerakan lari menjadi goyah. Bahkan jalan menjadi tidak seimbang untuk berjalan lurus meskipun belum mencapai mabuk.

    "Kalau seandainya di US (United States atau Amerika Serikat), orang mabuk pakai alat untuk melihat seberapa besar kadar alkohol dalam nafas, disuruh jalan lurus, dalam level mabuk yang ringan saja sudah mulai zigzag jalannya," paparnya.

    Ia menekankan bahwa keseimbangan atau koordinasi sudah terganggu ketika minum alkohol meskipun dalam takaran kecil atau sedikit. Butuh waktu cukup lama untuk Anda beristirahat terlebih dahulu untuk selanjutnya menjalankan olahraga.

    "Paling baik, enggak usah minum alkohol. Karena, antara minum sedikit atau banyak, ujungnya akan tetap merusak hati," imbuhnya.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id