Kompak Atasi Masalah Kesehatan Jiwa Anak selama Pandemi

    Sunnaholomi Halakrispen - 06 Agustus 2020 15:05 WIB
    Kompak Atasi Masalah Kesehatan Jiwa Anak selama Pandemi
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Masalah kesehatan jiwa anak harus diperhatikan. Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan RI Dr. dr. Fidiansjah, Sp.KJ, MPH, perlu kerja sama dalam mengatasi masalah kesehatan jiwa anak selama pandemi covid-19.

    "Dukungan jiwa psikososial ini memang sangat luas dan keterlibatannya pun juga akan melibatkan seluruh masyarakat sampai kepada lintas sektor dan program," ujar Dr. Fidiansjah dalam webinar Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI.

    "Dari semuanya tadi tentu kita berharap bahwa layanan kesehatan jiwa dan psikososial ini kita harapkan betul-betul melibatkan seluruh kementerian dan lembaga terkait," tambahnya.

    Dokter Fidiansjah memaparkan bahwa pihaknya akan melibatkan Kementerian Sosial, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta berbagai pihak lainnya dalam konteks tatanan baru. Tentu tidak lama lagi akan ada sosialisasi tentang kesepakatan bersama antar kementerian terkait dengan upaya pembelajaran.

    "Harus sudah mulai kita siapkan dan beberapa sekolah sudah kita lakukan uji coba Protokol Covid-19 diberlakukan dan tetap pembelajaran daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) disiapkan. Dari sini tentu dinas kesehatan dan semua turunannya menyiapkan juga bantuan," paparnya.

    Demikian juga apabila nantinya masyarakat membutuhkan bantuan kesehatan jiwa dan dukungan psikososial. Maka, puskesmas dan rumah sakit juga sudah siap mengakomodir hal-hal yang dibutuhkan.

    Selain itu, ada juga keterlibatan dari organisasi masyarakat dalam menyebarkan edukasi positif menangani masalah kesehatan jiwa. Keterlibatan mitra-mitra pemerintah terkait hal ini pun turut memerhatikan bagaimana dampaknya bagi anak.

    "Kita berharap nanti anak-anak bisa tetap tumbuh dan berkembang sebagaimana yang kita harapkan, walaupun covid melingkupi dari dinamika yang mereka hadapi," jelasnya.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id