Cara Prioritaskan Koneksi dengan Pasangan Saat Isolasi

    Kumara Anggita - 25 Maret 2020 14:19 WIB
    Cara Prioritaskan Koneksi dengan Pasangan Saat Isolasi
    Untuk mengurangi potensi konflik ada beberapa cara agar pasangan saling memprioritaskan koneksi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Covid-19 membuat kita harus melakukan social atau physical distancing (jaga jarak aman kurang lebih satu meter). Banyak waktu dihabiskan di rumah karena imbauan pemerintah juga untuk melakukan work from home. Situasi selalu waspada ada pada diri kita termasuk pasangan Anda.

    Jika tak bisa mengatur emosi, stres dan akhirnya konflik bisa terjadi di antara pasangan. Dilansir dari Parents, Stephanie Macadaan, ahli terapi berbasis di Los Angeles menyebutkan bahwa saat ini, semua orang memiliki banyak tekanan, ketegangan, ketakutan, dan kecemasan. 

    "Semua orang sedikit lebih cemas, jadi lebih mudah dipicu. Ini hampir seperti gelasmu penuh, dan tidak butuh banyak hal untuk membuatnya meluap,” ujarnya.

    Untuk mengurangi potensi konflik maka dia menawarkan beberapa cara dan salah satunya adalah agar pasangan saling memprioritaskan koneksi.

    Tentu ini adalah hal yang sulit untuk dilakukan di kala genting seperti ini, namun tak ada salahnya untuk mengusahakannya. Ini karena membuat satu sama lain merasa aman setidaknya secara emosional bisa sangat membantu melewati masa-masa sulit. 

    1. Kontak fisik harian 

    Lakukan kontak fisik setiap hari. Hal ini bisa membuat satu sama lain merasa lebih terhubung. Tak hanya itu, kontak fisik bisa mengeluarkan hormon yang baik untuk tubuh Anda sehingga Anda jadi bisa merasa lebih senang. Kontak fisik bisa dilakukan dengan mencium misalnya di kepala, sentuhan di bahu.

    2. Menjadi responsif ketika pasangan Anda menjangkau 

    Komunikasi adalah hal yang penting dalam setiap jenis hubungan. Karena itu, pastikan Anda selalu berkontakan dengan pasangan Anda. Misalnya dengan menyisihkan waktu setelah anak-anak pergi tidur. Anda dan pasangan bisa berbicara tentang kecemasan. Membuka diri satu sama lain, saling mendengar, dan mencoba mengerti satu sama lain.

    3. Mencoba satu hal baru bersama 

    Rutinitas bisa buat semua orang merasa frustasi. Seakan Anda stuck di sana selamanya. Padahal konsep ini bisa saja tak berlaku bila satu sama lain mau berusaha lebih kreatif. Cobalah untuk mencari hobi baru yang bisa dilakukan bersama di rumah seperti menari, olahraga, masak atau bisa juga membuat proyek-proyek yang berguna seperti mendekorasi rumah. 

    Dengan tiga hal ini diharapkan Anda bisa terkoneksi sehingga hubungan Anda bisa semakin menguat. Jangan biarkan covid-19 melemahkan kesehatan Anda dan juga hubungan Anda!





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id