Penyebab Anak Kaku Menunjukkan Kasih Sayang kepada Orang Tua

    Raka Lestari - 22 Juli 2019 11:18 WIB
    Penyebab Anak Kaku Menunjukkan Kasih Sayang kepada Orang Tua
    Ilustrasi--Pexels
    Tak jarang anak terlihat kaku untuk menunjukkan kasih sayangnya kepada orang tua. Padahal sang anak ingin sekali sekadar mengucapkan kasih sayang atau memeluknya.  Ada beberapa hal yang menjadi penyebab hal itu.
     

    Jakarta: Menunjukkan kasih sayang kepada orang tua bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengatakan I Love You kepada orang tua, meskipun memang ada berbagai macam cara atau ungkapan lain untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang tua.

    Namun, banyak anak-anak justru cenderung kaku dan tidak ekspresif dalam mengungkapkan kasih sayang kepada orang tua.

    Menurut Jane Cindy Linardi, M.Psi, Psikolog di RS Pondok Indah-Bintaro Jaya mengatakan,  penyebab dari hal tersebut adalah kebiasaan atau tradisi yang ditanamkan orang tua sejak kecil terhadap anak-anaknya.

    "Biasanya akar permasalahannya dari orang tua karena kadang-kadang orang tuanya yang dari kecil rada kaku sama anaknya. Jarang ngomong i love you ke anak, kemudian kalau orang tuanya salah tidak pernah minta maaf," kata Jane.

    Sikap yang seperti itu, menurut Jane memberikan kesan bahwa orang tua selalu benar dan anak-anak harus selalu menuruti orang tua. Hal itu efeknya ketika sudah besar, sang anak akan menjadi kaku terhadap orang tuanya.

    "Misalnya saja untuk mengucapkan I love you ke orang tua pun menjadi kaku. Berbeda jika sejak anak masih kecil orang tua sudah sering menunjukkan kasih sayangnya kepada anak," terangnya.

    Kalau sejak kecil orang tua sudah menerapkan untuk berbicara I love you secara luwes, setiap hari juga mencium, memeluk anak, dan lain sebagainya, maka ketika sudah besar si anak pun akan ekspresif dalam menunjukkan kasih sayang. "Karena sudah terbiasa sejak kecil," ujar Jane.

    Menurut Jane, sikap anak yang kaku tersebut sulit diubah terutama jika sang anak sudah mulai dewasa. "Kalau untuk mengatasinya memang agak sulit ya karena misalnya sudah diasuh selama 17 tahun dengan pola yang kurang ekspresif seperti itu tentu saja anak pun akan merasa segan dan justru malah merasa aneh ketika harus mengungkapkan sayang kepada orang tua," terangnya.

    Itulah mengapa Jane mengatakan bahwa orang tua, sejak pertama kali mempunyai anak sangat penting untuk mendapatkan edukasi bahwa menyatakan kasih sayang, baik secara verbal, gesture, maupun tindakan merupakan hal yang sangat penting dilakukan.


     



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id