Tips agar Tetap Produktif saat 'Work From Home'

    Kumara Anggita - 23 Maret 2020 13:08 WIB
    Tips agar Tetap Produktif saat 'Work From Home'
    Anda harus bisa produktif meski bekerja dari rumah. (Foto: Ilustrasi Pexels)
    Jakarta: Untuk mengantisipasi penyebaran virus semakin meluar, salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah menerapkan social distancing. Sekolah dan tempat hiburan pun sudah banyak yang tutup untuk sementara waktu.

    Bahkan beberapa perusahaan juga meminta para pekerjanya untuk bekerja dari rumah atau sering disebut dengan WFH (Work from home).

    Walaupun ini adalah tindakan yang aman dan memberikan banyak keuntungan, ada satu keluhan yang sering terlontarkan oleh para pekerja. Keluhannya adalah mereka takut WFH buat dirinya jadi tak produktif.

    Bila Anda adalah salah satu yang merasa cemas dengan hal ini, maka sekarang tak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa cara yang mendorong Anda tetap produktif selayaknya bekerja di rumah. Berikut cara produktif dalam masa WFH dari VIX:

    -Bangun di waktu biasa

    WFH memberikan kelonggaran Anda untuk bangun. Ini karena waktu perjalanan ke kantor Anda bisa teralihkan untuk menambah jam tidur. Namun hal ini bisa buat Anda menjadi malas. Oleh karena itu, tetap biasakan bangun seperti biasa.

    -Mandi

    Karena tidak bertemu dengan orang lain, bukan berarti Anda bisa tidak mandi seharian. Pastikan Anda mandi setelah bangun agar tubuh menjadi segar dan siap untuk bekerja.

    -Pakai baju kerja

    Tips agar Tetap Produktif saat 'Work From Home'
    Terkadang baju kerja membuat Anda menjadi lebih tidak rileks, sehingga Anda jadi tak cepat ngantuk. Karena itu, gunakan pakaian ini saat bekerja dari rumah.

    -Jangan kerja di tempat tidur

    Tempat tidur walaupun Anda tak mengantuk akan tetap mengundang Anda jadi ingin tidur. Oleh karena itu, hindari tempat ini agar lebih bisa fokus.

    -Rapikan meja dan isolasi meja

    Meja yang rapi bisa buat Anda jadi semangat untuk bekerja. Oleh karena itu, pastikan meja Anda dalam keadaan serapi mungkin dan jauhkan barang-barang tidak penting yang menganggu perhatian Anda.

    -Siap-siap untuk duduk dalam 2 jam

    Jangan tidur, tapi duduklah dengan bagus selama setidaknya dua jam. Hal ini akan membuat Anda jadi seperti bekerja di rumah.

    -Bilang keluarga kalau Anda sedang bekerja

    Dalam masa-masa seperti ini, Anda bisa dikarantina dengan keluarga. Hal ini bisa membuat mereka kadang mengajak ngobrol atau melakukan aktivitas yang mengganggu perhatian Anda. Untuk itu, cobalah katakan pada mereka bahwa Anda mau fokus bekerja mengejar target.

    -Tulis rutinitas

    Menulis rutinitas akan memotivasi Anda untuk mneyelesaikan hal-hal apa yang perlu Anda lakukan. Lakukanlah pada awal hari, dan Anda akan merasa puas dengan apa yang telah Anda laksanakan.

    -Matikan tv

    TV selalu menyajikan hal-hal menarik. Karena itu, matikan alat ini sejenak sampai pekerjaan Anda selesai semua.

    -Cari lagu yang tidak menganggu

    Beberapa lagu bisa buat Anda konsentrasi dan beberapa lainnya justru malah menganggu konsentrasi Anda. Pilih lagu yang paling bisa membuat Anda fokus sekarang.

    -Cek email empat kali sehari

    Saat WFH hindari cek email terus-menerus. Hal ini bisa buat Anda cemas dan tertekan. Dan akhirnya mengambil banyak energi yang bisa digunakan untuk memenuhi produktivitas.

    -Istirahat 10 menit setiap dua jam

    Jangan karena bekerja di rumah, Anda jadi istirahat setiap 15 menit sekali. Lakukanlah setiap dua jam sekali untuk membuat Anda jadi lebih rileks dan bisa tetap produktif. Waktu ini bisa Anda gunakan untuk main telepon genggam.

    -Minum air banyak

    Tips agar Tetap Produktif saat 'Work From Home'
    Jangan lupa pula untuk selalu terhidrasi. Minum yang cukup akan membuat badan Anda terasa segar dan tentunya bagus juga untuk kesehatan tubuh.

    -Rencanakan hari esok

    Dan terakhir, lakukan hal yang serupa untuk esok harinya. Tulislah apa yang perlu Anda kerjakan agar semua terasa lebih mudah karena terorganisasi.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id