Mengapa Ada Orang yang Takut Jatuh Cinta?

    Kumara Anggita - 16 Januari 2020 10:00 WIB
    Mengapa Ada Orang yang Takut Jatuh Cinta?
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Walaupun cinta adalah sesuatu yang positif, tak semua orang bisa memprosesnya sama. Beberapa orang justru fobia terhadap cinta.

    Dilansir dari Healthline kondisi ini disebut dengan philophobia. Philophobia memiliki beberapa kesamaan dengan disinhibited social engagement disorder (DSED), kelainan kedekatan pada anak di bawah 18 tahun. DSED mempersulit orang dengan kelainan untuk membentuk hubungan yang mendalam dan bermakna dengan orang lain.

    Scott Dehorty (LCSW-C dan direktur eksekutif di Maryland House Detox, Delphi Behavioral Health Group) mengungkapkan bahwa philophobia juga lebih umum pada orang dengan trauma atau luka masa lalu.

    "Ketakutan adalah bahwa rasa sakit akan berulang dan risikonya tidak sepadan dengan itu. kesempatan. Jika seseorang sangat terluka atau ditinggalkan sebagai seorang anak, mereka mungkin enggan menjadi dekat dengan seseorang yang mungkin melakukan hal yang sama," ujar Scott Dehorty.

    "Reaksi ketakutan adalah menghindari hubungan, sehingga menghindari rasa sakit. Semakin seseorang menghindari sumber ketakutan mereka, semakin banyak ketakutan meningkat,” jelasnya.

    Fobia ini juga terkait dengan genetika dan lingkungan. Menurut Mayo Clinic, dalam beberapa kasus fobia spesifik dapat berkembang karena perubahan fungsi otak.

    Diagnosa

    Karena philophobia tidak termasuk dalam Diagnostic and Statistics Manual (DSM) dari American Psychiatric Association, dokter Anda tidak mungkin memberi Anda diagnosis resmi philophobia.

    Meskipun demikian, mencari bantuan psikologis adalah hal yang tepat jika ketakutan Anda menjadi luar biasa. Seorang dokter atau terapis akan mengevaluasi gejala Anda serta riwayat medis, psikiatris, dan sosial Anda.

    Jika tidak diobati, philophobia dapat meningkatkan risiko Anda untuk komplikasi, termasuk isolasi sosial, depresi dan gangguan kecemasan, penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol, dan bunuh diri.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id