Manfaat Berenang untuk Tumbuh Kembang Anak

    Gervin Nathaniel Purba - 02 Juli 2019 07:00 WIB
    Manfaat Berenang untuk Tumbuh Kembang Anak
    Mengajarkan anak berenang sejak dini sangat baik untuk perkembangan fisik dan mental (Foto:Shutterstock)
    Jakarta: Selain menyenangkan, berenang juga memberikan banyak manfaat bagi anak-anak. Mengajarkan anak berenang sejak dini sangat baik untuk perkembangan fisik dan mental.

    Mungkin beberapa orang tua masih bingung kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak berenang. American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk mengenalkan anak berenang pada usia empat tahun atau lebih. Pada usia tersebut, anak-anak sudah siap berlatih renang.

    Ada tiga manfaat mengajarkan berenang kepada anak-anak.

    1. Mencegah Tenggelam

    Menurut KidsHealth.org, tenggelam adalah penyebab kematian nomor dua bagi orang-orang yang berusia antara 5 hingga 24 tahun. Dengan mengajar anak berenang, ia tidak hanya akan menjadi perenang yang lebih kuat, tetapi juga mendapatkan pengalaman berharga di dalam air. 

    Pengalaman ini mengurangi risiko darurat jika anak secara tidak sengaja jatuh di kolam.

    2. Kesehatan Fisik

    Menurut 24 Hour Fitness, berenang adalah cara untuk mencegah obesitas pada anak, yang telah dikaitkan dengan diabetes remaja. Berenang juga mengurangi ketegangan pada sendi dan jaringan ikat daripada bentuk olahraga lainnya.

    3. Kesehatan Emosional

    Melatih anak berenang juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosi. Berenang juga dapat meningkatkan suasana hati dan menangkal depresi.

    Alangkah baiknya jika orang tua membimbing langsung anaknya belajar berenang. Selain itu menggunakan jasa guru les berenang juga menjadi pilihan tepat karena berpengalaman.

    Sambil menunggu anak Anda berlatih berenang, banyak hal yang bisa dilakukan agar tidak bosan. Misal, streaming film, mendengarkan musik, membaca, menjelajah dunia maya, atau mengemil. 

    Jika ingin mengemil, pastikan Anda memilih camilan sehat Fitchips. Keripik gandum ini tidak akan membuat gemuk.

    Fitchips camilan bebas mecin. Fitchips dibuat tanpa penguat rasa/MSG, pengawet, pewarna dan pemanis buatan (4P). Rasa asin pada Fitchips didapat dari garam yang juga berfungsi sebagai pengawet alami. 

    Selain itu, keripik gandum ini terbuat dari multigrain atau biji-bijian dan kaya serat, seperti oat, quinoa, whole wheat (gandum utuh), dan jagung. Multigrain merupakan sumber serat yang baik untuk memelihara kesehatan jantung.

    Walau masuk kategori makanan sehat dan bebas mecin, Fitchips memiliki rasa yang enak. Varian rasa yang bisa dipilih yaitu honey BBQ, seaweed, serta cheese & herbs.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id