Apakah Kecemasan dalam Hubungan Bisa Diatasi?

    Kumara Anggita - 22 Februari 2020 08:28 WIB
    Apakah Kecemasan dalam Hubungan Bisa Diatasi?
    Ketika Anda dan pasangan menjadi lebih dekat, Anda mungkin menemukan bagian-bagian penting dari identitas Anda, individualitas, atau bahkan kemandirian Anda mulai melebur. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Walaupun saling sayang, kecemasan dalam hubungan tetap bisa terjadi. Ini adalah sesuatu yang normal namun bila terus-menerus, nantinya kualitas hubungan akan menurun.

    Perasaan ini ditandai ketika Anda merasa khawatir, tidak aman, dan ragu pada hubungan Anda bahkan jika semuanya berjalan relatif baik. Anda mulai mempertanyakan apakah pasangan Anda mencintai Anda atau mengapa sikapnya tidak sehangat sebelumnya.

    Kecemasan alhasil membuat Anda dan pasangan Anda merasa tidak nyaman. Bila Anda frustasi dengan situasi ini, maka Anda tak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya yang dilansir dari Healthline.

    Berikut cara mengatasi kecemasan dalam hubungan:

    Pertahankan identitas Anda


    Ketika Anda dan pasangan  menjadi lebih dekat, Anda mungkin menemukan bagian-bagian penting dari identitas Anda, individualitas, atau bahkan kemandirian Anda mulai melebur. Dalam peleburan tersebut, Anda bisa kehilangan diri.

    Hal ini akan membuat Anda tak bahagia. Plus, pasangan Anda mungkin merasa seolah-olah mereka kehilangan orang yang mereka cintai.

    Mulailah untuk menjadi mandiri. Anda bisa bermain dengan teman-teman Anda lagi dan mengikuti hobi. Hal ini akan mengembalikan identitas Anda kembali sedikit demi sedikit.

    Cobalah menjadi lebih penuh perhatian

    Praktik mindfulness melibatkan pemusatan kesadaran Anda pada apa yang terjadi di saat ini tanpa melakukan penilaian. Ketika pikiran negatif muncul, Anda mengakuinya dan membiarkannya bergerak.

    Ini bisa sangat berguna ketika Anda terjebak dalam spiral pikiran negatif. Ini juga dapat membantu Anda memprioritaskan pengalaman sehari-hari Anda dengan pasangan.

    Kalaupun  hubungan Anda akan berakhir dalam beberapa bulan atau beberapa tahun, tetapi Anda masih pernag menghargai dan menikmatinya pada waktu itu.

    Berlatih komunikasi yang baik

    Kecemasan hubungan sering datang dari dalam, jadi itu mungkin tidak ada hubungannya dengan pasangan Anda.

    Tetapi jika sesuatu yang spesifik memicu kecemasan Anda seperti saat dia bermain dengan telepon mereka ketika Anda berbicara atau tidak ingin mengunjungi keluarga Anda untuk liburan, cobalah membawa topik ini dengan cara yang sesuai dan tidak menuduh.

    Hindari bertindak berdasarkan perasaan Anda


    Merasa cemas tentang hubungan Anda atau pasangan Anda terkadang dapat membuat Anda menginginkan bukti bahwa semuanya baik-baik saja. Wajar saja jika Anda ingin meyakinkan diri sendiri, tetapi tahan dorongan hati untuk menemukan bukti ini dengan cara yang tidak membantu atau berbahaya.

    Perhatikan perbedaan antara perilaku Anda yang biasa dan tindakan impulsif. Berkirim pesan secara teratur mungkin normal dalam hubungan Anda, dan menjaga percakapan berlangsung dapat membantu memperkuat koneksi Anda berdua . Tetapi mengirim beberapa teks dalam satu jam bertanya pada pasangan Anda di mana mereka berada dan apa yang mereka lakukan, ketika Anda tahu mereka bergaul dengan teman-teman, dapat menyebabkan konflik.

    Ketika Anda merasakan impuls-impuls ini, cobalah mengalihkan perhatian Anda dengan napas dalam-dalam, berjalan atau joging, atau panggilan telepon cepat ke teman dekat.

    Bicaralah dengan terapis

    Jika Anda kesulitan mengatasi kecemasan hubungan Anda sendiri, berbicara dengan terapis dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk belajar bagaimana mengatasi dampak kecemasan hubungan.

    Untuk kecemasan hubungan, seorang terapis yang bekerja dengan pasangan bisa sangat membantu. Mereka dapat membantu Anda berdua dalam 

    memahami perasaan Anda sendiri dan masing-masing dan kebutuhan yang mendasarinya, mendengar pengalaman satu sama lain tanpa penilaian atau pembelaan diri, menunjukkan kepedulian Anda dengan cara  menenangkan.

    Satu studi 2017 Trusted Source menunjukkan bahwa bahkan satu sesi terapi dapat membantu pasangan yang berurusan dengan kecemasan hubungan.

    Semua di tangan Anda, jika Anda masih ingin mempertahankan hubungan ini, perubahan masih bisa dilakukan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id