Apakah Perilaku Ferdian Paleka Menyimpang?

    Kumara Anggita - 12 Mei 2020 14:05 WIB
    Apakah Perilaku Ferdian Paleka Menyimpang?
    Ferdian Paleka telah ditangkap dan mendekam di Polrestabes Bandung, Jawa Barat. (Foto: Ahmad Fauzan/Antara)
    Jakarta: Ferdian Paleka telah membuat konten prank yang menganggu masyarakat. Dia tega menipu para transpuan dengan memberikan sembako berisikan sampah.

    Hasilnya, dia tertangkap dan ditindaklanjuti secara hukum. Lantas apa alasannya harus melakukan hal yang merugikan orang lain dan dirinya sendiri? Apakah ada yang menyimpang dari kepribadiannya? Berikut penjelasannya oleh Haniva Hasna M. Krim.

    Haniva menjelaskan bahwa prank adalah sebuah dark humor yang mengandung konten negatif. Candaan ini sering mengundang kontroversi.

    Umumnya, pelakunya adalah anak muda dari kelas menengah, tinggal di kota. Mereka mau melakukannya karena ingin menonjolkan ego dan ingin menghilangkan kejemuan.

    Menurut Haniva, perbuatan Ferdian tidak bisa dikategorikan sebagai perilaku menyimpang karena tidak ada pola yang terlihat. Berbeda dengan bila dia pernah melakukan hal ini sebelumnya.

    Apa yang Ferdian lakukan lebih disebut dengan perilaku tidak terhormat atau tidak terpuji. Ini karena sifatnya temporer, berdasarkan kebutuhan pasar (penonton dan kondisi yang terjadi saat ini).

    Namun tentunya, tindakan tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Sebab dampaknya bisa merugikan orang lain.

    “Konten video prank yang menghibur terdapat humor atau kelucuan di dalamnya. Namun, Bila sudah ada pihak yang dirugikan, bukan prank namanya. Bisa masuk dalam ranah hukum karena sudah menyangkut perbuatan tidak menyenangkan, merugikan yang berakibat pada kemarahan (baik yg terlibat langsung maupun kemarahan masyarakat),” ujar Haniva.

    “Tapi bila tidak dikontrol atau dikendalikan akan terjadi peniruan dan dianggap sebagai hal yang wajar dilakukan oleh remaja,” tambahnya.

    Oleh karena itu, bila Anda ingin membuat konten di internet, pastikan terlebih dahulu bahwa apa yang Anda bagikan tidak merugikan masyarakat sekitar. Bijaksanalah dengan konten Anda.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id