Tips Ketika Perawatan Diri Sudah Tidak Mempan Menyamankan Anda

    Kumara Anggita - 27 Mei 2020 13:02 WIB
    Tips Ketika Perawatan Diri Sudah Tidak Mempan Menyamankan Anda
    Ilustrasi (Foto: Pixels)
    Jakarta: Ketika Anda merasa sedih, stres, atau bahkan depresi, merawat diri adalah salah satu jalan yang bisa dipilih. Anda bisa istirahat, bilang tidak ketika disuruh orang di sekitar, membaca buku dan lain-lain.

    Sayangnya, perawatan diri ini untuk beberapa kasus tidak begitu mempan. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Psychology Today.

    Dapatkan perawatan untuk trauma 

    Perawatan diri sangat penting untuk dikuasai oleh semua orang dewasa, tetapi penyintas trauma biasanya dibutuhkan untuk menyembuhkan.

    Jika Anda mengalami pelecehan saat kanak-kanak, atau selamat dari insiden traumatis s atau kecelakaan yang mengancam jiwa, gejala Anda mungkin tidak bisa diredam hanya dengan menerapkan perawatan diri.

    Baca tentang PTSD akut dan / atau trauma kompleks. Periksa gejalanya sendiri. Jika sesuai, cari bantuan dari spesialis trauma.

    Temui dokter Anda

    Otak Anda melekat pada tubuh Anda, yang berarti bahwa kesulitan emosional dapat berkaitan dengan masalah fisik.

    Pemeriksaan medis dapat membantu Anda menyingkirkan penyebab kesehatan mental yang Anda alami.

    Dengarkan kebutuhan Anda

    Perawatan diri memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Mandi busa dan makan cokelat adalah kegiatan perawatan diri stereotip. Cara-cara ini tidak bekerja untuk semua orang.

    Perawatan diri untuk Anda mungkin artinya Anda lari keras, atau menjadi sukarelawan untuk tujuan yang dekat dengan hati Anda. Menghabiskan waktu dengan hewan, atau bermain di alam.

    Diam dan pikirkan apa yang membuat Anda merasa tenang dan luar biasa. Itu bisa apa saja, dan mungkin bukan sesuatu yang orang lain akan lihat sebagai perawatan diri.

    Bertanggung jawab

    Apakah ada bagian dari diri Anda yang masih menunggu agar orang lain merawat Anda dan membuat Anda merasa lebih baik? Perlu diingat bahwa sebagai orang dewasa, kita bertanggung jawab atas kesejahteraan kita sendiri.

    Jika tidak ada seseorang dalam hidup Anda yang memperlakukan Anda seperti emas, Anda harus mengambil kendali dan menjadi yang pertama melakukannya. Mengapa menghilangkan diri dari cinta dan perhatian yang pantas Anda dapatkan, hanya karena orang lain tidak mencintai atau merawat Anda?

    Ada paradoks yang menarik: semakin Anda bertanggung jawab atas perawatan Anda sendiri, semakin besar kemungkinan Anda akan diperlakukan dengan baik oleh orang lain. 

    Berlatih mendengarkan suara Anda secara konstruktif

    Perawatan diri sejati termasuk membiarkan diri Anda tahu bagaimana perasaan Anda, dan membiarkan diri Anda merasakan apa yang Anda rasakan. Tanpa penilaian atau penindasan.

    Tentu saja, Anda ingin mengendalikan perilaku Anda. Tetapi tidak perlu mengontrol perasaan Anda di dalam. Tindakan perawatan diri emosional yang paling penting adalah menerima semua emosi Anda.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id