Dampak Negatif dari Menghindari Konflik dalam Hubungan

    Raka Lestari - 10 Agustus 2019 13:10 WIB
    Dampak Negatif dari Menghindari Konflik dalam Hubungan
    Ilustrasi--Pexels
    Beberapa orang tidak mengetahui cara bagaimana menghadapinya dan mengatasi masalah tertentu. Beberapa orang lainnya tidak tahu bagaimana berkompromi atau memecahkan masalah.

     
    Jakarta: Tidak ada pasangan yang suka bertengkar dengan pasangannya. Apapun penyebabnya, sebuah argumen, pertengkaran, dan berbagai jenis konflik lainnya antara Anda dan pasangan dapat sangat membuat stres.

    Kemudian sangat alamiah untuk menghindari situasi yang menyebabkan konflik. Namun pada kenyataannya, dampak dari menghindari konflik dalam hubungan justru lebih merugikan bagi hubungan daripada harus menghadapinya secara langsung.

    Dilansir dari elitedaily, menghindari konflik dalam hubungan mungkin lebih umum dari yang Anda kira, namun alasan setiap orang melakukan hal tersebut berbeda-beda.

    "Beberapa orang mungkin khawatir bahwa mereka akan kehilangan pasangan, sehingga mereka mencoba untuk berdamai dalam situasi apapun," ujar Trina Leckie, seorang penasihat hubungan percintaan.

    Menurutnya, beberapa orang tidak tahu bagaimana menghadapinya atau bagaimana mengatasi masalah tertentu. Beberapa orang lainnya tidak tahu bagaimana berkompromi atau memecahkan masalah.

    Apa pun alasannya, tidak dapat disangkal fakta bahwa ketika Anda menghindar dari konflik, Anda sebenarnya tidak memberikan dampak positif apapun pada hubungan. Menurut Leckie komunikasi sangat penting untuk hubungan yang sehat.

    "Koneksi Anda dengan pasangan akan menjauh jika Anda tidak bisa menangani konflik," uajarnya.

     Jika Anda dan pasangan memilih untuk tidak membicarakan masalah, konflik tersebut berpotensi untuk meledak-ledak dan muncul ke permukaan yang biaasnya disebabkan oleh konflik lain.

    "Masalah-masalah tersebut akan menumpuk dan ketika muncul akan meletup-letup yang dapat menyebabkan lebih banyak kerugian dibandingkan bersikap jujur dan menceritakan yang Anda rasakan," ujar Dr Martha Tara Lee, konselor hubungan dan seksolog klinis.

    Selain itu, jika Anda dan pasangan tidak terbiasa menghadapi masalah yang ada maka hal itu dapat menjadi penghalang dalam perkembangan hubungan Anda. "Hal tersebut dapat membuat hubungan Anda tidak memiliki progress yang baik karena menghadapi masalah pada dasarnya dapat membuat hubungan pasangan menjadi semakin kuat," ujar Leckie.

    Tidak ada hubungan yang sempurna, sehingga sangat jarang menemukan pasangan yang tidak pernah berkonflik atau berurusan dengan konflik.

    "Hampir tidak mungkin bagi dua orang yang berbeda untuk langsung memiliki kesamaan dalam hal apapun," ujar pakar hubungan percintaan, Anita A. Chilipala.

    "Anda harus berbicara satu sama lain untuk memastikan apa yang Anda butuhkan, dihormati oleh pasangan Anda. Selain itu, miskomunikasi dan mispersepsi adalah hal yang umum sehingga sangat penting untuk berbicara dengan pasangan Anda sebelum hubungan Anda menjadi negatif."

    Menghadapi konflik memang tidaklah mudah, namun hal itu berpotensi untuk membuat Anda dan pasangan menjadi lebih dekat.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id