Waktu yang Tepat Memberikan Mi pada Bayi

    Raka Lestari - 19 Mei 2020 20:50 WIB
    Waktu yang Tepat Memberikan Mi pada Bayi
    Strategi lain ketika si kecil mulai belajar makan mi adalah dengan menambahkan remah roti untuk menambahkan tekstur agar ia bisa menggenggam. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Mi adalah makanan favorit bagi banyak orang. Semua usia mulai dari muda sampai tua banyak yang menyukainya. Akan tetapi, pada anak bayi kapan waktu yang tepat untuk memberikan mi pada bayi? 

    Melanie Potock, seorang ahli patologi bahasa bicara anak dan spesialis makanan, mengatakan, “Bayi membutuhkan gigi untuk bisa mengunyah mi, seperti misalnya spaghetti. Akan tetapi jika orang tua memotong-motong mi sampai kecil, mungkin bayi seusia enam bulan pun sudah bisa diberikan,” ujarnya. 

    Ia juga menyarankan jika ingin memberikan mi pada bayi yang berusia enam bulan sebaiknya pastikan mi tersebut bisa digenggam oleh mereka dan ajarkan mereka untuk mengonsumsinya dalam bentuk yang lebih kecil. 

    “Anak-anak pada usia enam bulan masih belum memiliki keterampilan motorik halus atau kemampuan untuk mengambil mi secara benar, sehingga menaruh mi dalam piring atau nampan dapat membuat mi lebih mudah digenggam oleh bayi."

    "Strategi lainnya adalah dengan menambahkan remah roti untuk menambahkan tekstur, sehingga mi lebih mudah digenggam dan dikunyah,” ujar Potock. 

    Dr Lisa Lewis, seorang dokter anak bersertifikat juga menambahkan. “Biasanya usia yang tepat untuk memperkenalkan mi pada bayi adalah pada usia delapan atau sembilan bulan, sama seperti jenis finger food lainnya."

    "Untuk mengajari anak menggenggam finger food seperti mi, bayi harus sudah bisa duduk dengan kontrol kepala yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengambil makanan dari piring dengan sigap,” katanya. 

    Dr Lewis menambahkan, “Meskipun hal ini dapat diperdebatkan di negara-negara lain, sebagian besar dokter anak di Amerika Serikat dan banyak bagian Eropa sepakat bahwa mi harus dipotong dan dimasak dengan baik agar menghasilkan mi yang lembut,” katanya. 

    Sedangkan jika Anda ingin memperkenalkan macaroni and cheese atau makanan lainnya yang mengandung mi, Potock mengatakan meskipun bayi berusia enam bulan sudah bisa diberikan tetapi lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada dokter spesialis anak. 



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id