• DONASI PALU/DONGGALA :
    Tanggal 23 NOV 2018 - RP 51.179.914.135

  • Salurkan Donasi Anda: (BCA - 309.500.6005) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (Mandiri - 117.0000.99.77.00) A/n Yayasan Media Group

  • Salurkan Donasi Anda: (BRI - 0398.01.0000.53.303) A/n Yayasan Media Group

 batik    barbie  

Hari Batik Nasional 2018 Barbie Keluarkan Koleksi Batik

Yatin Suleha - 11 Oktober 2018 17:55 wib
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan berfoto di booth Barbie dengan edisi berbusana batik di IMF-WB Annual Meetings 2018. (Foto: Dok. Edelman)

Jakarta: Tanggal 2 Oktober dirayakan sebagai Hari Batik Nasional (HBN). Ada yang spesial di perayaan HBN 2018 yang diluncurkan pekan kemarin karena boneka yang muncul pertama kali dalam ajang American International Toy Fair di New York pada 9 Maret 1959 lalu ini muncul dengan pakaian batik.

Mattel sebagai perusahaan hiburan anak-anak global termasuk barbie salah satu di dalamnya meluncurkan koleksi Barbie Batik Kirana. Sebuah koleksi yang terinspirasi dari keberagaman budaya Indonesia dan merupakan hasil kerja sama antara Barbie dan Iwan Tirta Private Collection. 

Dua koleksi boneka terbaru Barbie untuk merayakan kekayaan budaya bangsa dan untuk merefleksikan dengan lebih baik dunia yang dilihat oleh anak-anak perempuan Indonesia saat ini.

Untuk pertama kalinya, Barbie bekerja sama dengan brand perancang batik terkenal di Indonesia, Iwan Tirta Private Collection, untuk meningkatkan pemahaman akan keunikan batik di kalangan generasi masa depan Indonesia.

“Mattel bangga dapat merayakan koleksi boneka Barbie Made in Indonesia yang telah berlangsung selama lebih dari 25 tahun, di mana kami merancang dan memproduksi setengah dari seluruh boneka Barbie yang dipasarkan di dunia,” ujar Ivan Franco, Country Manager-Mattel Southeast Asia. 

“Kami merasa terhormat mendapat kesempatan bekerja sama dengan Iwan Tirta Private Collection dalam mempromosikan dan mendukung nilai serta budaya Indonesia.” Iwan Tirta Private Collection merupakan warisan dari almarhum perancang batik Iwan Tirta, yang ingin terus melestarikan seni batik. 

(Baca juga: Alternatif Liburan Seru di Barbie House Gandaria City)

Di balik setiap motif batik terdapat arti yang sakral atau nilai yang merepresentasikan orang Indonesia. “Iwan Tirta Private Collection senang dapat berkolaborasi dengan Barbie untuk meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan kecintaan terhadap batik di kalangan generasi muda Indonesia,” ujar Widharmika Agung, CEO Iwan Tirta Private Collection. 

“Hal ini juga sangat membanggakan orang Indonesia menyaksikan budayanya terbesar luas di dunia.”

Merayakan Nilai-nilai Batik Indonesia

Untuk memulai debutnya, Barbie dan Iwan Tirta Private Collection memperkenalkan koleksi Barbie Batik Kirana yang terdiri dari dua boneka dengan motif batik berbeda; “Kawung Manis” dan “Sawunggaling Latar Kopi Pecah”. Motif “Kawung Manis” menggambarkan harapan untuk selalu bijaksana, rendah hati, dan ingat terhadap leluhur.

Sementara motif “Sawunggaling Latar Kopi Pecah” menyimbolkan harapan bahwa seorang pemimpin sebaiknya berlaku adil dan menjaga keseimbangan sebagai seorang yang kuat dan baik hati.

Melalui boneka batik yang baru ini, Barbie berharap dapat memberikan inspirasi dan semangat kepada anak perempuan untuk yakin bahwa dirinya bisa menjadi seorang perancang batik atau apa pun profesi yang ingin mereka geluti kelak. 

Barbie Exhibition Booth di IMF-WB Annual Meetings 2018
Dan selama diadakannya event the 2018 Annual Meeting of the International Monetary Fund dan World Bank Group di Bali Nusa Dua Indonesia (IMF-WB Annual Meetings 2018) exhibition booth Barbie memperpanjang peluncurannya globalnya melalui the Dream Gap Project.

Yaitu dedikasi brand dari Barbie untuk proyek yang bertujuan menggali potensial yang tak terbatas pada anak-anak perempuan dan untuk menyampaikan isu stereotip kesenjangan gender dengan mendorong setiap anak perempuan untuk bisa menjadi apa pun yang mereka inginkan.

Di kesempatan tersebut hadir juga Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan yang ikut berfoto di booth Barbie dengan edisi berbusana batik.




(TIN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.