Komposisi Makanan 4 Bintang untuk Anak Usia 6-9 bulan

    Kumara Anggita - 28 September 2020 13:00 WIB
    Komposisi Makanan 4 Bintang untuk Anak Usia 6-9 bulan
    Makanan apa saja yang bisa diberikan pada si kecil yang usianya enam sampai sembilan bulan? Berikut masukan dari Dea Azza C.I.F, S.Gz, seorang ahli gizi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Setelah bayi mendapatkan ASI eksklusif dalam enam bulan kehidupannya, bayi akan lanjut ke MPASI. Kira-kira di masa ini apa saja yang bagus diberikan ya?

    Dea Azza C.I.F, S.Gz, seorang ahli gizi menjelaskan bahwa setelah anak masuk ke tahap MPASI, ibu tetap perlu memberikan ASI. Namun ASI di sini baiknya diberikan dengan tekstur yang berbeda.

    “Saat anak tepat usia enam bulan, mulai MPASI. Teruskan ASI, tekstur MPASI di awal pemberian sudah harus kental ya. Jadi seperti bubur kental (dibalik pake sendok itu gak mudah tumpah),” ujarnya dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting.

    Ia melanjutkan bahwa pemberian di awal-awal ini cukup dua kali sehari.

    “dua sampai tiga sendok setiap makan, bisa dimulai dengan bahan makanan pokok seperti nasi, kentang, jagung, ubi dan sebagainya. Boleh ditambah kaldu asli untuk rasa. Lebih baik hindari pemakaian bumbu tambahan,” ungkapnya.

    Selanjutnya, ini tetap dilanjutkan. Namun frekuensinya bisa ditambah jadi tiga kali sehari. “Jumlah juga bisa ditingkatkan jadi setengah cangkir (ukuran 250ml)," kata Dea.

    Teksturnya lunak, bisa diblender atau dihaluskan. Komposisi menunya mencakup empat bintang (makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur buah)

    “Saat umur delapan bulan, bayi sudah bisa kita kasih finger food atau makanan yang ia pegang,” lanjutnya.


    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id