Tips Mengajak Anak ke Bioskop

    Raka Lestari - 26 November 2019 10:00 WIB
    Tips Mengajak Anak ke Bioskop
    Ilustrasi- Romper
    Jakarta: Pergi ke bioskop bisa menjadi salah satu pilihan dalam menghabiskan waktu bersama anak Anda. Meski mengasyikkan, perlu juga diperhatikan juga apakah anak Anda sudah siap untuk diajak ke bioskop atau belum.

    Jangan sampai niat baik Anda untuk menghabiskan waktu bersama anak menjadi sia-sia. Lantaran tak memperhatikan beberapa kesiapannya.

    "Sulit untuk menentukan usia yang 'tepat' untuk mulai membawa anak-anak ke bioskop. Beberapa anak siap ketika mereka masih balita, sementara yang lain akan perlu menunggu sedikit lebih lama," ujar Amanda K. Darnley, Psy.D., seorang psikolog.

    Jika Anda ingin membawa anak Anda ke bioskop, pikirkan berbagai masalah yang mungkin Anda temui. Jika anak Anda takut terhadap kegelapan, atau kaget ketika mendengar suara keras, kemungkinan mereka belum siap.

    Ketika mengajak anak ke bioskop, waktu yang tepat adalah sesuatu yang penting. Jika mereka tidak bisa duduk diam selama lebih dari 20 menit, maka ia tidak akan bisa menonton film yang rata-rata berdurasi 90 menit atau bahkan lebih.

    “Pertimbangkan untuk tidak memaksakan mereka jika Anda tahu bahwa anak Anda memiliki kesulitan duduk diam untuk waktu yang cukup lama,” terang Sherianna Boyle, seorang profesor psikologi dan penulis buku The Conscious Parenting Guide to Childhood Anxiety.

    Dengan begitu, Anda bisa menikmati nonton film tanpa harus terganggu dengan anak-anak Anda. Dan tidak peduli berapa banyak camilan yang Anda tawarkan kepada anak Anda, mereka mungkin saja sudah bosan pada 15 menit pertama.

    “Jika anak Anda mulai mengisyaratkan bahwa ia ingin pergi dengan menjadi rewel atau dengan mengatakan itu menakutkan, cobalah ajak mereka keluar dari bioskop untuk sementara waktu,” ujar Sherrie MacLean, pakar pendidikan anak usia dini dan Direktur Operasi Nasional di Tiny Hoppers.

    Jika dia masih gelisah, jangan marah atau frustrasi dengannya dan segera tinggalkan bioskop saja. Meskipun Anda merasa kecewa karena tidak bisa menonton secara keseluruhan film, usahakan untuk tidak merasa sedih.

    “Anda dapat mencobanya dan meyakinkan mereka lagi di lain waktu,” tutup Dr Darnley.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id