Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh untuk Ibu Hamil

    Raka Lestari - 18 Oktober 2019 13:20 WIB
    Tips Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh untuk Ibu Hamil
    Ilustrasi- Pexels
    Jakarta: Sakit merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan. Setiap orang tentu akan berusaha sebisa mungkin agar tidak sakit, terutama ketika sedang hamil.

    Saat hamil, obat-obatan yang dikonsumsi ketika sedang sakit mungkin saja bisa membahayakan untuk kesehatan janin Anda. Sehingga bagi wanita hamil usahakan sebisa mungkin untuk tidak sakit. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

    Lalu, apa saja yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada wanita hamil:

    -Menjaga pola makan sehat

    Secara khusus, makan sehat adalah salah satu cara untuk membantu sistem kekebalan tubuh Anda selama kehamilan. Untuk mengetahui apa saja yang sehat selama kehamilan, Anda bisa berdiskusi dengan dokter kandungan.

    Selain dokter kandungan, ahli nutrisi juga bisa bisa. Mereka dapat menentukan apa yang aman bagi kehamilan dan tubuh Anda," ujar Jeanne S. Sheffield, M.D., Johns Hopkins Director of the Division of Maternal-Fetal Medicine and Professor of Gynecology and Obstetrics.

    -Mengonsumsi vitamin

    Para ahli menyebut bahwa vitamin merpakan bagian penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat, mengonsumsi jumlah vitamin C harian yang cukup sangatlah penting.

    "Selama kehamilan, wanita harus mendapatkan setidaknya 85 mg vitamin C setiap hari (80 mg jika lebih muda dari usia 19 tahun),” ujar hannon M. Clark, M.D., MMS, FACOG, seorang profesor di UTMB-Galveston.

    Anda bisa mendapatkannya dari suplemen atau juga dapat menemukan vitamin C dalam makanan. Seperti buah jeruk dan jus, stroberi, brokoli, dan tomat.

    -Tidur cukup dan berkualitas

    Mendapatkan tidur yang cukup mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Tetapi menurut Dr Sheffield, mendapatkan jumlah waktu tidur yang cukup sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

    Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk membicarakannya. Apakah kualitas tidur Anda sudah cukup atau belum. Mereka bisa memberikan bantuan jika Anda merasa tidur Anda masih kurang berkualitas.

    -Minimalisir stres

    Memang, kehamilan itu sendiri kemungkinan akan menambah setidaknya beberapa stres dalam hidup Anda sekalipun, Anda merasa sangat bahagia menyambut kelahiran calon bayi Anda. Namun stres yang Anda alami bisa berdampak pada janin.

    “Mengingat hal itu, sangat bagus jika Anda dapat mengurangi stres sebanyak mungkin,” tutup Dr Sheffield.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id