MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Mendongkrak Gairah saat Sudah Hilang

    Kumara Anggita - 17 April 2019 18:35 WIB
    Mendongkrak Gairah saat Sudah Hilang
    Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog mengatakan untuk mendapatkan cinta yang ideal, seseorang memiliki tiga komponen dalam hubungan, yaitu gairah, keintiman, dan komitmen. (Foto: Pexels.com)
    Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog mengatakan untuk mendapatkan cinta yang ideal, seseorang memiliki tiga komponen dalam hubungan, yaitu gairah, keintiman, dan komitmen. Shahnaz menganjurkan para pasangan suami istri untuk rehat sejenak dari rutinitas dan memberikan waktu untuk berdua.


    Jakarta:
    Saat hubungan masih awal, rasanya Anda tidak ingin jauh-jauh darinya. Anda selalu bersemangat dan semua kegiatan bersamanya jadi begitu mengasyikan. Namun, dengan berjalannya waktu perasaan itu bisa memudar. Tidak perlu panik, ini bukan berarti cinta Anda telah hilang.

    Menurut psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog. Ada sebuah teori dari seorang Psikolog bernama Robert Sternberg. Teori tersebut disebut dengan teori segitiga cinta. Di dalamnya ada tiga komponen yang terdiri dari gairah, keintiman, dan komitmen.

    Untuk mendapatkan cinta yang ideal, seseorang memiliki tiga komponen tersebut dalam hubungan. Cinta tersebut disebut dengan "Consummate love.''

    Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan-tuntutan sosial, dalam hubungan tersebut komponen gairah jadi menurun. Namun, Shahnaz menyatakan bahwa hal ini umum terjadi dan Anda tidak perlu khawatir.

    "Ini sebenarnya tidak apa-apa. Kalau ada orang menikah, karena mereka memiliki tiga komponen ini tapi beriringan dengan waktu passion turun dan berubah ke jenis cinta lain," tuturnya pada Medcom.id.

    (Baca juga: Ciptakan Suasana Baru demi Tingkatkan Gairah Bercinta)

    Mendongkrak Gairah saat Sudah Hilang
    (Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Shahnaz Safitri, M.Psi., Psikolog mengatakan untuk mendapatkan cinta yang ideal, seseorang memiliki tiga komponen dalam hubungan, yaitu gairah, keintiman, dan komitmen. Foto: Pexels.com)

    Situasi ini bisa dikompensasi dengan keintiman. Tanpa gairah suatu hubungan bisa saja tetap lekat. "Ini bisa dikompensasi dengan keintiman," tuturnya.

    Dia menganjurkan para pasangan suami istri untuk rehat sejenak dari rutinitas dan memberikan waktu untuk berdua. Anda bisa melakukannya dengan melakukan liburan berdua saja dan membuat momen kembali.

    "Kalau yang menikah passion-nya turun karena tuntuan rumah tangga seperti misalnya punya anak. Hal itu kan demanding banget, sehingga sparkling agak turun jadi pola rumah tangganya lebih ke parenting daripada sebagai pasangan."

    Tapi ketika anak makin besar, itu bisa ditumbuhkan kembali. "Populernya kan ada honeymoon lagi," tuturnya.

    Namun, hal ini berbeda bila kaitannya dengan hubungan pacaran. Untuk yang masih dalam hubungan ini, Anda baiknya lebih mengenal pasangan Anda secara mendalam.  

    "Kalau yang pacaran tiga komponen lengkap, lalu ada satu komponen hilang atau memang tidak pernah ada dari awal biasanya hubungannya tidak berjalan terlalu lama. Tapi kalau nanti ada menikah, pasti ada rasanya seperti kurang," tuturnya.

    Untuk itu, Anda sebaiknya tidak terburu-buru. Dengan waktu, semua akan terjawab.

    "Kalau Anda tahu pasangan Anda dengan dalam, maka Anda akan tahu bahwa Anda cocok atau tidak. Namun ini butuh waktu," tuturnya.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id