Apa yang Menyebabkan Anda Merasa Cemas dalam Hubungan?

    Kumara Anggita - 21 Februari 2020 13:05 WIB
    Apa yang Menyebabkan Anda Merasa Cemas dalam Hubungan?
    Menjalin hubungan dengan orang yang Anda cinta adalah hal yang menyenangkan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Menjalin hubungan dengan orang yang Anda cinta adalah hal yang menyenangkan. Namun di sisi lain, Anda juga merasa cemas yang bikin Anda dan pasangan merasa tidak nyaman.

    Dilansir dari Healthline, ini adalah perasaan yang normal dalam suatu hubungan. Bahkan ini bisa terjadi pula pada pasangan yang bahagia dan relatif tidak memiliki masalah.

    Namun ada beberapa alasan lain yang mendorong perasaan cemas ini semakin kuat. Berikut hal-hal yang menyebabkan Anda merasa cemas.

    Pengalaman hubungan sebelumnya

    Kenangan tentang hal-hal yang terjadi di masa lalu dapat terus memengaruhi Anda, bahkan jika Anda berpikir bahwa Anda telah melupakannya. Anda mungkin lebih mungkin mengalami kecemasan hubungan jika pasangan Anda sebelumnya pernah melakukan hal-hal seperti di bawah ini.

    - Berselingkuh

    - Mencampakkanmu secara tak terduga

    - Berbohong tentang perasaan mereka padamu

    Sudah lazim mengalami kesulitan untuk percaya lagi pada seseorang lagi setelah Anda terluka, bahkan jika pasangan Anda saat ini tidak menunjukkan tanda-tanda manipulasi atau ketidakjujuran.

    Tingkat percaya diri yang rendah

    Harga diri yang rendah kadang-kadang dapat menyebabkan rasa tidak aman dan kecemasan dalam hubungan.

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan harga diri yang lebih rendah lebih cenderung meragukan perasaan pasangan mereka terhadap dirinya. Ini  terjadi sebagai bentuk proyeksi.

    Dengan kata lain, merasa kecewa pada diri sendiri dapat membuat Anda lebih mudah untuk percaya bahwa pasangan Anda merasakan hal yang sama tentang Anda.

    Sebaliknya, orang-orang dengan tingkat harga diri yang lebih tinggi cenderung menegaskan diri mereka cukup bagus melalui hubungannya ketika mereka mengalami keraguan diri.

    Gaya keterikatan

    Gaya keterikatan yang  Anda miliki di masa kanak-kanak dapat berdampak besar pada hubungan saat dewasa. 

    Jika orang tua atau pengasuh Anda merespons dengan cepat kebutuhan Anda dan menawarkan cinta serta dukungan, Anda mungkin mengembangkan gaya keterikatan  yang aman.

    Jika mereka tidak memenuhi kebutuhan Anda secara konsisten atau membiarkan Anda berkembang secara mandiri maka gaya keterikatan sekarang yang Anda miliki  juga jadi tidak aman. Gaya keterikatan  yang  tidak aman dapat berkontribusi pada kecemasan hubungan dalam berbagai cara.

    "Sama seperti Anda tidak dapat mengubah dari satu jenis kepribadian ke kepribadian lainnya, Anda tidak dapat sepenuhnya mengubah gaya keterikatan Anda," kata Jason Wheeler, PhD. 

    “Tapi kamu tentu bisa membuat perubahan yang cukup sehingga gaya lampiran yang tidak aman tidak membuatmu kembali dalam kehidupan,” lanjutnya.

    Kecenderungan untuk bertanya

    Sifat Anda yang suka bertanya juga bisa menjadi faktor kecemasan dalam hubungan.

    Anda mungkin perlu bertanya pada diri sendiri tentang semua kemungkinan dari suatu situasi sebelum memutuskan jalan. Atau mungkin Anda hanya memiliki kebiasaan mempertimbangkan setiap keputusan dengan hati-hati.

    Jika Anda cenderung bertanya pada diri sendiri banyak pertanyaan tentang pilihan Anda, bahkan setelah Anda membuatnya, Anda mungkin akan meluangkan waktu untuk mempertanyakan hubungan Anda juga. Ini tidak selalu menjadi masalah. Bahkan, biasanya sehat untuk meluangkan waktu memikirkan pilihan yang Anda buat, terutama yang signifikan.

    Akan tetapi, ini bisa menjadi masalah jika Anda terjebak dalam pola pertanyaan dan keraguan diri yang tak berkesudahan yang tidak menghasilkan sesuatu yang produktif.

    Kecemasan bisa terjadi pada siapa saja

    Tetapi jika kecemasan lebih banyak memberikan kesedihan dalam hubungan Anda maka waktunya untuk mengevaluasi kembali. Hal ini bisa menghancurkan hubungan yang baik.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id