Tiga Cara Tes Kehamilan yang Akurat

    Kumara Anggita - 28 Februari 2019 16:32 WIB
    Tiga Cara Tes Kehamilan yang Akurat
    Tes kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara (Foto Ilustrasi: Jonathan Smith/Unsplash.com)
    Mungkin test pack menjadi salah satu cara mudah dan biasa Anda lakukan. Tapi itu saja tidak cukup, karena masih ada beberapa cara lain yang lebih efektif, mudah, dan akurat untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak.


    Jakarta: Terdapat berbagai cara untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak. Bisa dilihat dari gejala-gejala yang timbul, hingga penggunaan test pack.

    Tapi apakah Anda tahu cara mana yang paling efektif? Berikut tiga cara tes kehamilan yang akurat seperti yang diutarakan dr. Sarah Picadela, SpOG saat diwawancarai Medcom.id, Kamis 28 Februari 2019:

    -Cek Tanggal

    Cara tes kehamilan yang akurat namun murah dan mudah adalah dengan menghitung tanggal Anda terakhir datang bulan atau menstruasi. Ini adalah salah satu cara yang cukup efektif bila Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur yaitu 28 hari.

    Tiga Cara Tes Kehamilan yang Akurat
    Menghitung kapan terakhir Anda menjalani menstruasi bukan hanya mengetahui apakah Anda hamil atau tidak, tapi juga bisa mengetahui kelahiran bayi Anda. (Foto Ilustrasi: Adam Tinworth/Unsplash.com)

    “Dan dari hari terakhir menstruasi itu, kita bisa memprediksi kapan anak itu lahir. Namun perlu diingat bahwa siklus menstruasi orang tidak selalu semua 28 hari, tapi kalau teratur itu sangat presentable,” ucap Sarah.

    -Ultrasonography (USG)

    Bila melalui test pack Anda sudah dinyatakan positif hamil, Anda perlu memastikannya kembali dengan menggunakan USG. Sebab cara tes kehamilan ini adalah metode yang paling efektif. Banyak hasil test pack yang menyatakan positif, tetapi sesungguhnya Anda hanya hamil anggur atau memiliki penyakit lain.

    Tiga Cara Tes Kehamilan yang Akurat
    Datang ke dokter untuk melakukan USG agar lebih meyakinkan apakah Anda hamil atau tidak. (Foto Ilustrasi: Ramdan Authentic/Unsplash.com)

    “USG paling ideal karena bisa dideteksi melalui dari denyut jantung. Ketika sudah ada denyut jantung artinya sudah ada bayi dan dalam keadaan sehat. Idealnya, Anda pakai USG ketika enam hingga delapan minggu Anda merasa hamil,” tutur dokter berusia 35 tahun ini.

    -Periksa Manual

    Pemeriksaan ini bisa dilakukan oleh bidan ataupun dokter. Mereka akan mengecek rahim dengan tangan dan menentukan bahwa di dalamnya ada bayi yang sudah berumur tertentu.

    “Dokter dan bidan bisa memegang rahim dan mengetahui ukuran bayinya berapa besar dan menentukan berapa minggu bayi ini. Misalnya ketika sudah 20 minggu, bayi sudah terasa di tengah-tengah pusar. Biasanya setiap minggu menambah satu sentimeter,” tutup Sarah.

    Pentingnya Nutrisi dalam Masa Pra Kehamilan




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id