Tips Mudik Aman dan Lancar untuk Ibu Hamil

    Raka Lestari - 29 Mei 2019 14:57 WIB
    Tips Mudik Aman dan Lancar untuk Ibu Hamil
    Waktu yang paling aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh adalah pada trimester kedua kehamilan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
    Ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda dibandingkan dengan yang lain. Jadi butuh persiapan yang matang agar perjalanan mudik berjalan lancar dan aman.

    Jakarta: Berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman saat Idulfitri merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para perantau. Meski perjalanan mudik bukanlah sesuatu yang mudah, tak menyurutkan semangat mereka yang ingin bersua dengan keluarga tercinta.

    Mulai dari tingginya volume kendaraan, hingga hingga kondisi fisik yang kurang prima saat di perjalanan. Salah satu kondisi yang perlu mendapatkan perlakuan khusus selama melakukan perjalanan mudik adalah ibu hamil.

    Hal pertama yang dilakukan agar ibu hamil melakukan perjalanan mudik dengan lancar adalah persiapan. Ia harus bertemu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

    Ibu hamil bisa berkonsultasi mengenai perkembangan janin dan kondisinya. Pasalnya, perjalanan mudik membutuhkan waktu yang tidak sebentar, untuk itu membutuhkan kondisi fisik dan mental ibu hamil yang prima.

    Menurut dr. Muhammad Fadli, Sp. OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah, waktu yang paling aman bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan jauh adalah pada trimester kedua kehamilan.

    "Saat itu biasanya ibu hamil sudah melewati masa-masa mual dan muntah (morning sickness)," ujar dr Fadli.

    Selain itu perlu juga diperhatikan apakah ibu hamil pernah memiliki riwayat pendarahan atau kontraksi sebelumnya. Hal ini bisa menjadi faktor risiko yang membahayakan ibu dan janin saat perjalanan mudik.

    "Jangan lupa, sebelum mudik, lakukan pemeriksaan USG untuk mengetahui perkembangan janin. Pemilihan moda transportasi menjadi faktor utama yang harus dipikirkan," tambah dr. Fadli.

    Tips Mudik Aman dan Lancar untuk Ibu Hamil
    Memilih moda transportasi juga menjadi bagian penting untuk ibu hamil (Foto: Pius Erlangga/MI)

    Pilihlah moda transportasi yang memiliki waktu tempuh paling singkat atau memungkinkan ibu hamil untuk berhenti di tempat peristirahatan secara periodik untuk beristirahat atau peregangan.

    "Pastikan juga ibu hamil terhidrasi dengan cukup, optimalkan minum air putih minimal 2 liter per hari selama di perjalanan. Selalu gunakan sabuk pengaman apapun moda transportasinya," sarannya.

    Selama di perjalanan, ibu hamil sebaiknya jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi dan camilan favorit. Hal ini dilakukan agar kebutuhan nutrisi dari ibu hamil tetap terpenuhi dengan maksimal dan tidak berpengaruh pada bayi.

    Hal lain yang menjadi permasalahan bagi ibu hamil yang sedang melakukan perjalanan mudik adalah punggung yang terasa sakit. Saran dr. Fadli, jika punggung terasa sakit atau pegal, cobalah ganjal dengan bantal kecil atau sweater yang digulung.

    Kesiapan Mudik Lebaran 2019




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id