Tips Olahraga saat Berpuasa

    Raka Lestari - 19 Mei 2020 06:02 WIB
    Tips Olahraga saat Berpuasa
    Manfaat melakukan olahraga banyak sekali bagi kesehatan tubuh.(Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Manfaat melakukan olahraga banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi, pada saat bulan Ramadan banyak orang yang cenderung bermalas-malasan dalam berolahraga. Padahal meskipun berpuasa, olahraga tetaplah harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

    “Tips berolahraga pada saat puasa sebaiknya pola latihannya saja yang diubah. Volume dan intensitas latihannya sebaiknya dikutangi, misalnya biasa olahraga satu jam setengah mungkin bisa dikurangin sekitar 40 – 70 persen,” ujar Umar Syarief, salah seorang master trainer STRONG Nation, dalam acara online group media interview, Senin, 18 Mei 2020. 

    Menurut Umar, dalam melakukan olahraga selama bulan puasa adalah untuk menjaga agar metabolism tetap sehat, otot menjadi tidak kendur, dan kondisi badan tidak menjadi lemah. Salah satu artis terkenal di Indonesia, Cut Memey juga memberikan tips jika ingin berolahraga di bulan puasa. 

    “Kalau buat aku, ini berdasarkan pengalaman pribadi aku yang aku lakukan aku tetap berlahraga meskipun puasa. Tahun lalu aku tetap olahraga pada saat berpuasa. Dan yang aku lakukan adalah dengan menurunkan intensitas olahraga aku,” ujar Cut Memey yang saat ini tinggal di Kanada. 

    “Beban olahraga aku juga diturunin kalau pada saat puasa, intensitas waktu olahraga juga dikurangi. Dan untuk Strong Nation ini biasanya aku lakukan satu jam setelah aku berbuka puasa. Biasanya pada saat berbuka puasa aku tidak makan makanan berat, setelah aku latihan strong nation baru aku makan berat,” ujar Cut Memey, yang kini juga menjadi salah satu instruktur STRONG Nation. 

    STRONG Nation sendiri menurut Umar memiliki beberapa manfaat bagi tubuh. “Manfaatnya itu banyak sekali, mulai dari untuk core, balance, kardio, mobility nya. Dan STRONG Nation ini sangat fun musiknya sehingga bisa memacu kita untuk terus bergerak,” ujar Umar. 

    “Dalam melakukan olahraga itu bisa dimana saja. Selain itu yang terpenting juga adalah dengan menjaga pola makan. Sinar matahari yang merupakan sumber vitamin D juga sangat diperlukan agar tubuh tidak gampang sakit. Selain itu, pola istirahat yang bagus juga harus dilakukan,” tutup Umar.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id