Tips Mudik Aman dengan Mobil

    Raka Lestari - 28 Mei 2019 13:57 WIB
    Tips Mudik Aman dengan Mobil
    Pastikan betul bahwa kartu elektronik yang dibawa dalam keadaan memadai. (Foto: Risky Andrianto/Antara)
    Jakarta: Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memasuki periode mudik lebaran adalah mengenai keselamatan selama di perjalanan. Apalagi jika Anda menggunakan mobil pribadi. Penting untuk melakukan persiapan demi kelancaran dan keselamatan perjalanan.

    Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance memberikan tips-tips yang harus dilakukan saat mudik menggunakan mobil pribadi:

    -Buat perencanaan perjalanan mudik dengan baik

    Ketika akan mudik ada baiknya melakukan perencanaan lebih baik. Seperti jalur mana yang akan dilintasi, perkirakan juga jarak tempuh yang akan dilalui, waktu yang akan ditempuh, serta perkiraan tempat istirahat yang akan disinggahi. Hal-hal ini harus dipersiapkan dengan matang.

    -Cek kondisi mobil

    Pastikan mobil Anda sudah diservis sebelum melakukan perjalanan mudik. Hal tersebut guna memberikan jaminan mobil Anda selalu berjalan dengan performa terbaiknya.

    Tidak hanya itu, Anda juga harus mengecek kondisi mobil seperti mesin mobil, radiator, aki mobil, ban mobil (kondisi angin), maupun oli mobil. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kapasitas mobil. Jangan dipaksakan untuk membawa lebih banyak penumpang.

    -Kondisi tubuh yang sehat

    Selain mengecek kesehatan mobil, pastikan kondisi tubuh Anda juga dalam keadaan sehat. Kondisi ini akan lebih menguntungkan Anda selama perjalanan maupun silahturahmi begitu sampai kampung halaman.

    -Barang yang harus dibawa

    Agar mudik Anda nyaman dan terhindar dari hal-hal yang tidak terduga, ada baiknya Anda menyiapkan barang-barang penting untuk perjalanan mudik Anda. Beberapa barang yang harus dibawa antara lain ban serep dan dongkrak, toolkit, alat navigasi, kotak P3K, hingga kartu identitas dan uang tunai.

    Tidak hanya itu, jika Anda melintas pada ruas tol pastikan betul bahwa kartu elektronik yang dibawa dalam keadaan memadai. Saldo kartu elektronik jangan sampai tidak memadai karena saat tap-in apabila tidak memadai akan menghambat perjalanan Anda serta perjalanan orang lain.

    -Istirahat setiap tiga jam sekali

    Bagi pengemudi ada baiknya Anda perlu beristirahat setidaknya tiga jam sekali. Hal ini diyakini dapat mengembalikan kondisi tubuh dan konsentrasi Anda akan kembali pulih. Anda tidak perlu terburu-buru agar bisa sampai tempat tujuan. Pahami kapan Anda harus mengemudi dan kapan harus beristirahat.

    Highlight Prime Talk - Kesiapan Mudik Lebaran 2019




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id