5 Tanda Keluarga Anda Dilanda Stres

    Medcom - 21 Oktober 2019 15:42 WIB
    5 Tanda Keluarga Anda Dilanda Stres
    Stres memang tidak bisa dihilangkan, tapi ada cara untuk meminimalisirnya. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Stres merupakan suatu perasaan tertekan yang berdampak pada fisik dan mental. Terkadang, stres dalam kadar rendah diperlukan untuk dijadikan motivasi.

    Namun bagaimana jika Anda dilanda stres bertubi-tubi? Lalu seperti apa dampak stres bagi keluarga Anda?

    Sebagai orang tua, Anda sudah tahu bahwa stres adalah bagian dari kehidupan seperti, tekanan pekerjaan atau usaha tidur saat insomnia.

    Tetapi tanpa disadari, mungkin rasa frustrasi itu dapat memengaruhi tingkat stres anak-anak, dan tak lama kemudian, rumah yang dulu damai jadi penuh dengan teriakan, kehancuran, dan tak saling bicara.

    Mengutip dari Parents, inilah tanda-tanda keluarga Anda dilanda stres. Menurut para ahli, stres mungkin tidak bisa dihilangkan sepenuhnya, tetapi ada cara untuk meminimalisirnya.

    1. Kesulitan tidur

    Kesulitan tidur atau insomnia biasa dialami oleh orang-orang yang tertekan. Ketika tingkat stres meningkat, ini juga bisa berpengaruh pada pola tidur Anda. Kekurangan tidur bisa membuat Anda mudah tersinggung, cemas, dan lebih stres.

    Menurut dokter anak, Tanya Altmann di Calabasas, California, Anda dapat mengurangi ketegangan dalam keluarga dengan relaksasi sebelum tidur dan tidur 30 menit lebih awal dari biasanya.

    "Letakan anak-anak di tempat tidur setengah jam sebelumnya dan letakan diri Anda di tempat tidur setengah jam lebih awal juga," saran Altmann.

    2. Saling berteriak satu sama lain

    Tanda selanjutnya yang sering kali terjadi jika stres melanda adalah komunikasi yang memburuk seperti berteriak.

    Berteriak dapat membuat yang mendengar merasa risih sekaligus dapat merasa tidak dihargai. Bahkan bagi si kecil itu dapat membuatnya merasa takut dan cemas.

    Agar stres tidak berlarut-larut, Dr Altmann menyarankan Anda untuk tetap tenang dan mengambil napas dalam-dalam jika merasa tertekan. Anda juga harus meluangkan waktu bersama keluarga.

    5 Tanda Keluarga Anda Dilanda Stres
    (Jika Anda merasa stres, ada baiknya lakukan pergi berlibur dengan keluarga. Foto: Pexels.com)

    3. Kebiasaan makan malam bersama keluarga berkurang

    Makan malam bersama bisa menggambarkan keharmonisan sebuah keluarga. Tetapi ketika stres melanda sering kali anggota keluarga melewati momen itu.

    Seorang psikolog, Mary Alvord, Ph.D, di Rockville, Maryland mengatakan, biasanya jika Anda atau pasangan sedang stres dan rewel, mungkin beberapa anak akan melewatkan waktu makan untuk menghindari berbicara dengan Anda.

    Jika keluarga Anda mengalaminya, Alvord menyarankan Anda untuk menuliskan sesuatu yang positif tentang masing-masing anggota keluarga. Kemudian membacakannya saat hendak makan malam. Hal ini dapat mencairkan suasana dan membuat anggota keluarga Anda berkumpul kembali.

    4. Anak lebih suka menyendiri

    Ketika stres meningkat, anak juga bisa terdampak olehnya, bahkan jika dibiarkan, anak bisa menyerap kebiasaan-kebiasaan buruk orang tuanya.

    Anda mungkin kurang menyadarinya. Untuk menghindari orang tua, beberapa anak akan menutup diri dari yang lain. Misalnya, anak-anak yang lebih besar mungkin mengunci diri di kamar, sementara yang lebih muda mungkin berhenti meminta teman bermain.

    Jika hal itu menjadi kebiasaan, anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang tertutup dan sulit bersosialisasi, tentunya itu tidak baik untuk kelangsungan hidupnya kelak.

    Cobalah memulai kebiasaan yang lebih sehat bersama keluarga seperti meditasi, memberikan perhatian lebih, olahraga teratur dan saling terbuka.

    5. Menghabiskan waktu di tempat kerja

    Apakah Anda memiliki terlalu banyak tanggung jawab atau bos memberikan tekanan berlebih pada pekerjaan Anda? Mungkin itu yang membuat Anda merasa kewalahan dan stres.

    Untuk mengurangi stres, Alvord menyarankan Anda melakukan brainstorming solusi dengan pasangan Anda. Anda juga bisa coba pergi berlibur dengan keluarga atau teman-teman Anda.

    Sandra Odilifia





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id