Yang Terjadi pada Tubuh Ketika Anda Merindukan Pasangan

    Kumara Anggita - 07 Desember 2019 10:06 WIB
    Yang Terjadi pada Tubuh Ketika Anda Merindukan Pasangan
    Saat Anda terikat dengan seseorang, otak Anda melepaskan bahan kimia seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Saat tidak bersama, Anda jadi merindukan pasangan. Bahkan Anda sudah merindukannya walaupun baru bertemu beberapa menit lalu. Apakah ini normal?

    Seperti dilansir Bustle, para ahli mengatakan perasaan ini sepenuhnya normal. Terdapat bahan kimia di otak yang berperan di sini.

    "Emosi cinta mengubah neurobiologi otak Anda," kata psikoterapis Puja Parikh, LCSW.

    Perasaan baik neurotransmitters dilepaskan ketika Anda memeluk, mencium, berhubungan seks, dan berbagi momen intim dengan pasangan Anda. "Anda membentuk ikatan dan Anda mengasosiasikan pasangan Anda dengan kesenangan dan kebahagiaan,” paparnya.

    Saat Anda terikat dengan seseorang, otak Anda melepaskan bahan kimia seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin. Judy Ho, PhD, neuropsikolog klinis mengatakan bahwa bahan kimia tersebut tidak hanya membuat Anda merasa baik dan membantu Anda mempertahankan rasa kesejahteraan. Mereka menuntun Anda untuk mencari stimulus yang memberi Anda kesenangan di tempat pertama. Dalam hal ini, stimulus tersebut adalah pasangan Anda.

    Karena itu, ketika Anda harus terpisah, Anda secara otomatis merasa kehilangan dan ingin bersamanya lagi. Ketika ini tidak bisa dilakukan, Anda jadi merasa kangen.

    “Ketika Anda terpisah dari mereka, otak Anda secara naluriah akan mencari mereka untuk mendapatkan imbalan itu lagi," kata Ho. 

    Jadi walaupun Anda Berhubungan jarak jauh, seminggu tak bertemu, atau bahkan sejam tak bertemu, rasa kangen itu akan tetap muncul sampai Anda bisa bertemu dengannya lagi. Pesan ‘aku kangen kamu’ jadi menghiasi banyak 'layar' pasangan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id