Manfaat Pijatan pada Bayi

    Raka Lestari - 06 Desember 2019 07:00 WIB
    Manfaat Pijatan pada Bayi
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Salah satu cara untuk meningkatkan emotional bonding atau ikatan emosi antara ibu dan anak bisa dilakukan melalui sentuhan dan pijatan. Manfaat dari Pijatan atau sentuhan itu sendiri bisa menjadi pilihan. Sebab pada saat melakukannya terjadi interaksi dengan anak melalui kontak mata, suara, gerakan dan juga sentuhan.

    “Memijat si kecil secara rutin setiap hari oleh ibu, akan memberikan manfaat yang baik terhadap tumbuh kembangnya. Memijat merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi ibu dan si kecil sehingga bisa menciptakan bonding yang akan dirasakan langsung oleh anak hingga tumbuh dewasa,” jelas Tiur Hutagalung, selaku IAIM International Trainer, di kawasan Jakarta Pusat, Kamis, 5 Desember 2019.

    Kemudian, Tiur menjelaskan bahwa pijat bayi berbeda dengan pijat biasa karena pijat bayi berdasarkan pada sentuhan. Pijat bayi itu berupa sentuhan, dan dilakukan tidak di bawah tekanan, tidak ketika bayi sedang lapar, mengantuk, atau menangis.

    Menurut Tiur melakukan pijat pada bayi selain dapat meningkatkan ikatan antara ibu dan anak, juga dapat menurukan tingkat stres baik pada ibu dan bayi. Ketika melihat bayi tersenyum karena dipijat maka akan timbul hormon oksitosin atau perasaan bahagia pada ibu.

    Dengan begitu, hormon oksitosin juga dapat memperbaiki mood ibu. Sedangkan pada anak, dengan melakukan pijatan secara rutin maka bisa memperbaiki pola tidur bayi," terang Tiur.

    Manfaat Pijatan pada Bayi
    IAIM International Trainer, Tiur Hutagalung. (Foto: Raka/Medcom.id)

    Sementara itu, manfaat pola tidur yang baik pada bayi berpengaruh juga pada tumbuh kembangnya. Ketika bayi mendapatkan tidur cukup otomatis pertumbuhan mereka juga akan bagus.

    "Bayi sangat membutuhkan tidur yang cukup karena hormon pertumbuhan bayi memang terjadi ketika sedang tidur. Kalau bayi terbangun ketika belum cukup tidur, ototmatis hormon pertumbuhannya akan terputus dan bayi juga menjadi cranky," sambungnya.

    Untuk melakukan pijat bayi, menurut Tiur bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Yang penting selama pijatan itu dapat membuat bayi merasa nyaman.

    “Sebelum memijat bayi, kita harus mengetahui dulu apakah bayi sudah siap untuk dipijat atau belum. Pijat boleh dilakukan kapanpun ketika anak sudah siap. Lakukan saat bayi sedang dalam keadaan sadar. Kalau anak sudah terbiasa dipijat maka mereka secar otomatis akan menantikan waktu bonding time dengan pijatan itu,” tutup Tiur.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id