Cara Tepat Membersihkan Vagina

    Raka Lestari - 18 November 2019 18:00 WIB
    Cara Tepat Membersihkan Vagina
    Ilustrasi- Pexels
    Jakarta: Bau tidak sedap, keputihan, dan rasa tidak nyaman adalah beberapa keluhan yang sering dialami wanita berkaitan dengan kebersihan vagina. Dengan mengetahui penyebab keluhan-keluhan tersebut lebih cepat, merupakan langkah terbaik.

    Namun sayangnya, ada banyak sekali informasi yang berkaitan dengan cara untuk membersihkan vagina Anda. Beberapa juga terkadang membuat Anda membutuhkan produk pembersih vagina, meskipun sebenarnya tidak diperlukan.

    Mary Bogle, terapis fisik otot-otot dasar panggul dari Beyond Basic Physical Therapy menjelaskan, secara umum, vulva dan vagina membutuhkan sedikit sekali pembersihan. Ia juga menekankan agar tidak menggunakan produk yang beraroma.

    “Kami merekomendasikan untuk menggunakan air saja. Namun jika harus menggunakan pembersih vagina, gunakan yang ringan dan tidak beraroma," ujar Bogle.

    Menurut Bogle, membersihkan vagina menggunakan sabun bisa membuat vagina bisa menjadi terlalu kering. Namun beberapa orang tidak mengalami masalah jika menggunakan sabun cair atau sabun gliserin.

    Usahakan agar vagina Anda memiliki pH sekitar 5,3 – 7. Anda bisa melakukan tes pH vagina sendiri di rumah dengan membeli strip untuk menguji pH atau mengeceknya di dokter kandungan untuk menguji tingkat pH vagina Anda.

    Ketika membersihkan vagina, tipe sabun yang digunakan juga sangat penting untuk kesehatan vagina Anda. Dr. Sherry A. Ross, dokter kandungan, mengatakan bahwa menggunakan sabun sampai menambahkan produk pembersih vagina tanpa disadari dapat mengganggu keseimbangan pH pada vagina. Hal ini juga bisa berpotensi menyebabkan infeksi dan gatal pada vagina.

    Menurut Ross, bagian luar vagina harus dibersihkan setiap hari. Dan, meskipun membersihkan vagina setiap hari sangat penting, jika terlalu sering membersihkan vagina juga tidak baik. Terutama jika Anda menggunakan sabun yang tidak tepat bagi vagina, maka bisa terjadi iritasi.

    Praktisi perawat dari Planned Parenthood, Glory Guerrero merekomendasikan kepada para wantia yang suka menggunakan sabun dalam membersihkan vagina, gunakanlah sabun yang tidak beraroma. Sebab produk yang mengandung aroma bisa mengubah pH vagina.

    "Kami juga menyarankan untuk membersihkan vagina bagian luar saja, tidak perlu vagina bagian yang terlalu dalam," terang Guerrero.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id