Berapa Lama ASI Perah Bertahan di Luar Kulkas?

    Raka Lestari - 11 Agustus 2020 19:05 WIB
    Berapa Lama ASI Perah Bertahan di Luar Kulkas?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: ASI Perah (ASIP) merupakan salah satu alternatif pemberian ASI untuk bayi. Biasanya ASIP disimpan dalam freezer agar memiliki usia penyimpanan yang lebih lama.

    Namun, setelah ASIP tersebut dicairkan, tentu sebaiknya segera dikonsumsi. Jika disimpan terlalu lama bisa merusak kualitas ASI itu sendiri. Lalu berapa lama ASIP yang sudah dicairkan tersebut bertahan jika disimpan pada suhu ruang?

    Menurut Jennifer Ritchie, Konsultan Laktasi Bersertifikat Dewan Internasional (IBCLC) dan penulis The Smart Parents Guide To Breastfeeding mengatakan bahwa, hal tersebut tergantung bagaimana Anda menyimpan ASIP yang dicairkan tersebut. Akan tetapi, sebagai aturan umum sebaiknya ASIP segera digunakan sesaat setelah dicairkan.

    “Jika disimpan dalam kulkas, setelah ASIP beku dicairkan maka harus digunakan dalam kurun waktu 24 jam atau langsung dibuang jika sudah lewat dari 24 jam. Jika ASIP disimpan pada suhu ruang, yaitu sekitar 25 ° C maka sebaiknya langsung dibuang setelah disimpan selama satu atau dua jam,” kata Ritchie.

    Penting untuk diingat bahwa angka-angka tersebut akan berbeda, jika bayi minum dari botol. Seperti bayi Anda tidak habis minum ASI dari botolnya, sisa ASI tersebut masih bisa digunakan sekitar satu hingga dua jam setelahnya. Kemudian, setelah itu, sisa ASI tersebut harus dibuang.

    Dan jika ASI tersebut sudah dicairkan, Anda tidak boleh menyimpannya kembali ke dalam kulkas atau freezer untuk membekukannya. Sebab, susu yang sudah seluruhnya cair tersebut, tidak boleh dibekukan kembali karena adanya risiko untuk kontaminasi bakteri.

    “Untuk mencegah banyaknya ASIP yang terbuang, usahakan untuk mencairkan ASIP yang sudah terlebih dahulu dibekukan atau yang disebut dengan metode ‘first in, first out’ meskipun memang ASIP yang lebih segar adalah pilihan yang terbaik,” kata Angie Nataro, perawat sekaligus konsultan laktasi.

    “ASIP yang beku itu bisa dicairkan selama satu malam di kulkas dari freezer. Anda juga bisa mengurangi banyaknya ASIP yang terbuang dengan menyimpan sesuai dengan jumlah yang biasa diminum oleh bayi Anda," jelas Angie.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id